EKONOMI

Selasa, 20 Maret 2018 | 06:25 WIB

PT SMF Danai Perumahan Gandeng Perusahaan Malaysia

PT SMF Danai Perumahan Gandeng Perusahaan Malaysia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero - Cagamas, Malaysia, sepakat dalam pengembangan pasar dan program pembiayaan perumahan sebagai anggota Asian Secondary Mortgage Market Association (ASMMA).

Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, dan Presiden/CEO Cagamas, Datuk Chung Chee Leong. "Kerja sama ini menjadi langkah awal dan dasar bagi kedua belah pihak dalam melakukan kerja sama, penelitian, berbagi informasi, berbagi pengetahuan yang berkaitan erat dengan pembiayaan perumahan," kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo.

Sementara itu, Presiden/CEO Cagamas, Datuk Chung Chee Leong, menyambut baik jalinan kerja sama antara Cagamas dengan SMF, dimana SMF adalah perusahaan milik pemerintah dan Cagamas dimiliki secara tidak langsung oleh Bank Negara Malaysia dan berbagai lembaga keuangan di Malaysia, dengan peran mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

Rencananya kerja sama antara SMF dan Cagamas ini akan berlangsung selama satu tahun.

SMF maupun Cagamas akan melakukan eksplorasi solusi, pertukaran informasi kebijakan. Penelitian ini juga terkait dengan 7 hal, yaitu pertama, instrumen keuangan yang dapat meningkatkan stabilitas pasar pembiayaan perumahan.

Kedua, efek beragun perumahan dan instrumen pendanaan lainnya untuk meningkatkan arus dana dari pasar modal ke pasar perumahan.

Ketiga adalah pemantauan harga perumahan serta implikasinya terhadap pembiayaan perumahan. Keempat adalah manajemen risiko yang menjamin kesehatan pasar MBS.

Yang kelima adalah keuangan Islam dan kerangka peraturan dan pengawasannya yang memfasilitasi kerja sama lintas batas. Keenam adalah perbandingan pembiayaan perumahan dan aktivitas investor di Indonesia dan Malaysia.

Ketujuh adalah mengidentifikasi dan mengurangi hambatan untuk investor swasta maupun publik dalam investasi mereka dalam sekuritas yang dikeluarkan oleh perusahaan pembiayaan sekunder perumahan. [tar]

#PTSMF #PembiayaanPerumahan
BERITA TERKAIT
KLHK Ajak Milenial Mencintai dan Menjaga Hutan
Bea Cukai Inisiasi Pakta Parada, Pacu Ekspor Malut
Bea Cukai Jateng DIY Tetapkan PLB Pertama di 2019
RI Loloskan Lima Resolusi pada Sidang UNEA-4
Bea Cukai Beri Fasilitas KB Kepada Pengolah Kopi
Gas Pembangkit Setrum PLN Gunung Belah Lancar Lagi
Paving Block dari Limbah Plastik Cocok di Jateng

ke atas