DUNIA

Rabu, 28 Maret 2018 | 08:31 WIB

Lewat Laser, AU Afghanistan Bom Taliban

Lewat Laser, AU Afghanistan Bom Taliban
(Foto: Shah Marai/AFP)
INILAHCOM, Kabul--Angkatan Udara Afghanistan berhasil menjatuhkan bom kendali laser pertama ke sebuah kompleks Taliban dan menghancurkannya.

Misi Resolute Support mengatakan, AU Afghanistan hari Kamis lalu mengerahkan skuadron A29 nya dan menjatuhkan senjata itu di Provinsi Farah barat. Jenis bom itu digunakan karena kedekatan sasaran dengan tempat tinggal warga sipil.

Penjatuhan bom itu menyebabkan pukulan di sepanjang rute yang sedang dibersihkan oleh AD Afghanistan, ini menandai pertama kalinya AU Afghanistan menjatuhkan bom kendali laser dalam pertempuran, demikian bunyi pernyataan misi itu di Kabul, seperti dikutip dari VOA, Rabu (28/3).

Pernyataan itu juga mencatat misi melawan pemberontak yang sukses itu diluncurkan dengan masukan penasihat yang minim, dan dilakukan hanya tiga bulan setelah AU Afghanistan menyelesaikan pelatihan menjatuhkan bom kendali laser itu.

Pelatih AS dan NATO membantu pemerintah Afghanistan menyempurnakan dan memperluas Angkatan Udaranya, yang kini punya anggota 8000 orang dan 129 pesawat. [voa/lat]
#laser #afghanistan #bom #taliban
BERITA TERKAIT
Komisi Eropa Ambisi Bangun Pasukan Perbatasan
Kim Jong-un Ingin KTT ke-2 dengan Trump
25 Dakwaan Tambahan untuk Najib
Situs Niaga di Singapura Jual PRT Indonesia
Alibaba Batalkan Buka 1 Juta Pekerjaan di AS
(Hanya dengan Kata Talak) India Larang Pria Muslim Ceraikan Istri
Korea Utara Sepakat Tutup Lokasi Uji Coba Nuklir

ke atas