NASIONAL

Selasa, 17 April 2018 | 15:59 WIB

Bamsoet Dukung Jurus Polri Berantas Miras Oplosan

Abdullah Mubarok
Bamsoet Dukung Jurus Polri Berantas Miras Oplosan
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya mendukung sikap tegas Wakapolri Komjen Syafruddin yang menegaskan tidak segan-segan mencopot kapolda atau kapolres yang tidak serius memberantas minuman keras (miras) oplosan. Menurutnya, diperlukan sikap tegas sehingga korban jiwa akibat miras oplosan tidak bertambah.

Bamsoet -panggilan akrab Bambang- menyatakan, DPR akan mengawal dan mengawasi Polri dalam melaksanakan operasi razia miras oplosan sebagaimana instruksi Wakapolri Komjen Syafruddin.

"Langkah ini demi mencegah rusaknya generasi muda kita dalam pengaruh minuman keras," ujarnya, Selasa (17/4).

Mantan ketua Komisi Hukum DPR itu juga meminta Polri serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memperketat pengawasan atas penjualan minuman ataupun bahan-bahan campuran yang biasa digunakan dalam miras oplosan.

"Pelaku pengoplosan, penjual dan pemakai harus ditindak tegas," ujarnya.

Legislator Partai Golkar itu menambahkan, upaya mengatasi miras oplosan tidak cukup dengan penindakan. Sebab, harus ada upaya preventif.

Untuk itu Bamsoet mendorong kepolisian melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya miras oplosan. Selain itu, perlu keterlibatan perangkat daerah di tingkat bawah untuk mengawasi peredaran miras di masyarakat.

"Mengimbau kepada perangkat daerah termasuk camat, lurah, ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda untuk turut berpartisipasi dalam mengawasi kegiatan peredaran minuman keras di lingkungan masyarakat," pungkasnya. [rok]

#Bamsoet
BERITA TERKAIT
Ketua DPR-RI Tinjau Pembangunan UNPERBA
Potensi Bencana di Jabar, BMKG Diminta Proaktif
Bamsoet Minta Tarif Tol Trans-Jawa Dievaluasi
Kualitas Demokrasi Ditentukan Netralitas TNI-Polri
Pesan Bamsoet Jelang Debat Capres-Cawapres
Citra DPR Hanya Bisa diperbaiki dengan Kinerja
BamSoet Berharap Blokade Atas Qatar Berakhir

ke atas