DUNIA

Kamis, 19 April 2018 | 08:35 WIB

Ditentang, Pencalonan Pompeo sebagai Menlu AS

Ditentang, Pencalonan Pompeo sebagai Menlu AS
Direktur CIA Mike Pompeo (Foto: Washington Times)

INILAHCOM, Washington--Sejumlah anggota Senat dari Partai Demokrat menentang langkah yang dilakukan Presiden Donald Trump yang mencalonkan Direktur CIA Mike Pompeo sebagai Menteri Luar Negeri AS.

"Catatan kinerja Pompeo secara jelas menunjukkan dia lebih menyukai tindakan militer daripada diplomasi dan itu mengkhawatirkan," kata Chris Murphy, senator Partai Demokrat dari Connecticut, kepada wartawan hari Rabu (18/4) waktu setempat, atau Kamis (19/4) WIB, seperti ditulis VOA.

"Saya yakin menteri (Pertahanan James) Mattis lebih sadar dengan konsekuensi penggunaan tindakan militer di luar negeri. Saya tidak beranggapan sama kalau itu terkait dengan (Penasihat Keamanan Nasional) John Bolton atau Mike Pompeo," tambah Murphy.

Murphy adalah satu dari 10 anggota Partai Demokrat di Komite Hubungan Luar Negeri Senat yang beranggotakan 21 orang. Semua anggota komite itu secara resmi telah mengumumkan apakah akan menentang atau cenderung menentang pemilihan Pompeo.

"Saya akan memberikan suara TIDAK bagi Direktur Mike Pompeo untuk menjadi Menlu," kata Senator Bob Menendez, Demokrat senior dari New Jersey dalam pesan twitter.

"Direktur Pompeo tidak banyak meredakan kekhawatiran saya mengenai langkanya visi strategis pemerintah untuk setiap tantangan utama kita," tambahnya.

Senator Partai Republik dari Kentucky, Rand Paul juga menentang Pompeo tak lama setelah Trump mencalonkannya bulan lalu, yang membuat pemungutan suara dalam komite semakin besar menentang Pompeo. Pendukung Pompeo dari Partai Republik tetap yakin Pompeo akan terpilih sebagai Menlu AS yang baru.

Seperti diketahui, Partai Republik adalah mayoritas di Senat. [voa/lat]

#pompeo #calon #menlu #as #ditentang
BERITA TERKAIT
Isu Nuklir Korut Bayangi Menhan Jepang ke AS
Wartawati Tewas Saat Kerusuhan di Irlandia Utara
Tiket Olimpiade 2020 Bisa Diperoleh Mulai 9 Mei
Lapor Pelecehan Seksual, Perempuan Dibakar Mati
Korut Tolak Menlu AS Terlibat Perundingan Nuklir
Amandemen Konstitusi, Mesir Memanas
Pilpres AS 2016, Tak Ada Kolusi Trump-Rusia

kembali ke atas