DUNIA

Selasa, 24 April 2018 | 19:03 WIB

Panel Senat Dukung Pompeo Jadi Menlu AS

Panel Senat Dukung Pompeo Jadi Menlu AS
Calon Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Capitol Hill--Panel Senat dengan selisih suara tipis akhirnya mendukung Direktur CIA Mike Pompeo menjadi Menlu AS, setelah anggota Partai Republik dari Kentucky Rand Paul berubah mendukung Pompeo pada saat-saat terakhir.

Awalnya, Pompeo berisiko menjadi calon pertama menteri luar negeri yang gagal mendapatkan rekomendasi dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat yang beranggotakan 21 orang, karena Paul dan ke-10 anggota Demokrat dalam panel mengatakan akan menentangnya.

Tetapi ketika panel bersiap-siap untuk memberikan suara, Paul menyampaikan pengumuman dramatis. Demikian VOA, Selasa (24/4).

"Saya telah mengubah pendapat. Saya memutuskan untuk memilih Direktur Pompeo, " kata senator dari Kentucky itu. Kata Rand, dia telah diyakinkan oleh Pompeo, serta Presiden Donald Trump mengenai pelajaran dari Perang Irak dan isu-isu lain yang menjadi perhatiannya.

Tidak lama kemudian, komite itu dengan selisih suara tipis memilih untuk merekomendasikan Pompeo ke sidang Senat penuh, yang diharapkan untuk mengukuhkannya sebagai Menlu AS pada akhir pekan ini.

Golongan Partai Demokrat bersikeras Pompeo tidak cocok untuk menjadi Menlu AS karena ia berulang kali menganjurkan penyelesaian militer di tempat yang bergejolak di dunia sebagai anggota Kongres, sebelum Trump menunjukkan menjadi pemimpin CIA. [voa/lat[

#Senat #Dukung #Pompeo #MenluAS
BERITA TERKAIT
Ormas Pro Trump Todongkan Senjata ke 300 Imigran
Prabowo-Sandi dan PKS Unggul di Arab Saudi
WHO: Bentrokan di Tripoli Tewaskan 220 Orang
Isu Nuklir Korut Bayangi Menhan Jepang ke AS
Wartawati Tewas Saat Kerusuhan di Irlandia Utara
Tiket Olimpiade 2020 Bisa Diperoleh Mulai 9 Mei
Lapor Pelecehan Seksual, Perempuan Dibakar Mati

kembali ke atas