DUNIA

Selasa, 24 April 2018 | 19:03 WIB

Panel Senat Dukung Pompeo Jadi Menlu AS

Panel Senat Dukung Pompeo Jadi Menlu AS
Calon Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Capitol Hill--Panel Senat dengan selisih suara tipis akhirnya mendukung Direktur CIA Mike Pompeo menjadi Menlu AS, setelah anggota Partai Republik dari Kentucky Rand Paul berubah mendukung Pompeo pada saat-saat terakhir.

Awalnya, Pompeo berisiko menjadi calon pertama menteri luar negeri yang gagal mendapatkan rekomendasi dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat yang beranggotakan 21 orang, karena Paul dan ke-10 anggota Demokrat dalam panel mengatakan akan menentangnya.

Tetapi ketika panel bersiap-siap untuk memberikan suara, Paul menyampaikan pengumuman dramatis. Demikian VOA, Selasa (24/4).

"Saya telah mengubah pendapat. Saya memutuskan untuk memilih Direktur Pompeo, " kata senator dari Kentucky itu. Kata Rand, dia telah diyakinkan oleh Pompeo, serta Presiden Donald Trump mengenai pelajaran dari Perang Irak dan isu-isu lain yang menjadi perhatiannya.

Tidak lama kemudian, komite itu dengan selisih suara tipis memilih untuk merekomendasikan Pompeo ke sidang Senat penuh, yang diharapkan untuk mengukuhkannya sebagai Menlu AS pada akhir pekan ini.

Golongan Partai Demokrat bersikeras Pompeo tidak cocok untuk menjadi Menlu AS karena ia berulang kali menganjurkan penyelesaian militer di tempat yang bergejolak di dunia sebagai anggota Kongres, sebelum Trump menunjukkan menjadi pemimpin CIA. [voa/lat[

#Senat #Dukung #Pompeo #MenluAS
BERITA TERKAIT
Australia Makin Khawatirkan Pengaruh China
Irak Hukum Perempuan Indonesia 15 Tahun Penjara
Militer Myanmar Blokir Internet
AS Minta Dukungan PBB Kecam Iran
Sanksi Baru AS ke Ayatollah Khamenei
Dalang Kudeta di Ethiopia Dibunuh
Taliban Ancam Media Bisa Jadi Sasaran Militer

kembali ke atas