GAYA HIDUP

Selasa, 24 April 2018 | 19:57 WIB

Waspadai Kejang Tangan dan Kaki

Suyadi
Waspadai Kejang Tangan dan Kaki
(Foto: istimewa)
GEJALA kejang tangan dan kaki biasanya terjadi kekurangan kalsium di dalam darah. Dengan gejala khas kejang, kususnya pada tangan dan kaki dan disebut karpopedal spasmus.

Penyakit ini timbul adanya kelainan kelenjar para tiroid. Para tiroid terletak di setiap sisi kelenjar tiroid menghasilkan hormon atau hormon tiroksin, yang berfungsi mengatur kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh.


Hipoparatiroidisme merupakan berkurangnya kalsium di dalam darah mengakibatkan keadaan yang disebut tetani, yaitu tubuh mudah kejang, khususnya tangan dan kaki. Meski begitu sakit ini dapat diringankan, dicegah dengan latihan peregangan atau merileksasi tubuh, atau dengan pemberian kalsium.

Sedang hiperparatiroidisme keseimbangan distribusi kalsium terganggu. Kalsium dikeluarkan lagi dari tulang dan dimasukan kembali ke serum darah. Akibatnya terjadi penyakit tulang osteomielitis fibrosa sistika (osteoforosis).

Kelainan-kelainan fungsi paratiroid mengakibatkan kondisi seperti kelemahan pada otot-otot, sakit tulang, kalsium dalam darah meningkat begitu juga dalam urin, dekorsifikasi dan deformitas atau tulang menjadi keropos dan mudah patah. Kelainan-kelainan di atas dapat juga terjadi pada penderita penyakit tumor kelenjar paratiroid.
#Suyadi
BERITA TERKAIT
Pengangkatan Kantong Rahim tak Pengaruhi Seksual
Puasa, Ini Makanan Sehat untuk Para Ibu Hamil
Makan Ikan Berlemak Cegah Risiko Penyakit Jantung
Produksi ASI Tak Terganggu Selama Puasa
Judika Coba Peruntungan di Dunia Fesyen
Mie Instan Makanan Favorit Keluarga Indonesia
Ngabuburit Sambil Menikmati Qasidah di Bakmitopia

ke atas