DUNIA

Jumat, 27 April 2018 | 08:13 WIB

Pompeo Dilantik Sebagai Menlu AS yang Baru

Pompeo Dilantik Sebagai Menlu AS yang Baru
Mantan Direktur CIA, Mike Pompeo mengucapkan sumpah jabatan (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Washington--Mantan Direktur CIA, Mike Pompeo diambil sumpahnya sebagai Menlu AS, Kamis (26/4), atau Jumat (27/4) WIB, seperti dikutip dari VOA.

Senat terpecah dengan perbandingan suara 57-42 untuk mengukuhkan calon Presiden Donald Trump ini, dengan semua anggota Fraksi Republik dan semua kecuali enam Fraksi Demokrat dan satu anggota independen yang menentang.

Trump memuji konfirmasi itu dan mengucapkan selamat kepada Pompeo yang menjadi orang ke-70 yang dipilih menjadi diplomat tertinggi AS.

"Memiliki seorang patriot dengan bakat luarbiasa seperti Mike, dengan energi dan intelektual memimpin Departemen Luar Negeri akan menjadi aset luar biasa bagi negara kita pada saat penting dalam sejarah sekarang ini," kata presiden dalam sebuah pernyataan.

Pompeo menggantikan Rex Tillerson, yang dipecat bulan lalu oleh Trump. Pengangkatannya menjadi menteri luar negeri membuatnya dapat menghadiri pertemuan NATO di Brussels Jumat, dan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Menteri luar negeri Turki dan Italia.

Menlu baru AS itu kemudian menuju ke Israel, Arab Saudi dan Yordania. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert mengatakan, lawatan itu dipilih untuk mencerminkan "kedudukan ketiga negara sebagai sekutu dan mitra penting Amerika di kawasan itu".

Lawatan itu dilakukan hanya beberapa jam setelah pemungutan suara pengukuhannya yang kontroversial di Senat AS. [voa/lat]

#pompeo #menlu #as #baru
BERITA TERKAIT
Korea Utara Uji Coba Senjata Baru
Menlu Iran Mendadak Mundur
Lima Pembom Gereja di Sri Lanka Diekstradisi
7 Juta Warga Sudan Terancam Kekurangan Pangan
Taiwan Menentang Satu Negara, Dua Sistem
Ditemukan Kepala Serigala Berusia 40 Ribu Tahun
Turki Tak Akan Tunduk Terhadap Ultimatum AS

kembali ke atas