PASAR MODAL

Rabu, 02 Mei 2018 | 16:56 WIB

Bursa Saham Sydney Berakhir Ceria

Bursa Saham Sydney Berakhir Ceria
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sydney - Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu (2/5/2018), didukung kekuatan yang luas di seluruh sektor untuk menjaga momentum minggu ini.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 35 poin atau 0,58 persen menjadi 6.050,2 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 36,7 poin atau 0,6 persen menjadi 6.136,7 poin.

Kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy mengatakan bahwa ada "tindakan yang sangat baik di pasar saham dan sekali lagi hari yang menyenangkan bagi investor Australia dengan sebuah lompatan sangat baik," yang lebih baik dari yang diperkirakan pagi hari mengingat "dukungan cukup beragam dari luar negeri" yang memicu kekhawatiran hari perdagangan datar setelah keuntungan bagus di sesi sebelumnya.

"Sebaliknya pasar telah bergerak maju dan dalam dua hari perdagangan menunjukkan ada kekuatan yang mendasari di pasar Australia. Dan itu bukan hanya keuntungan bagus yang kami lihat setiap hari, fakta bahwa kami telah melihat volume yang bagus di pasar juga pertanda baik. Juga, dari sudut pandang teknis, dari sudut pandang charting, kenaikan menembus 6.000 poin untuk indeks juga dianggap sebagai tanda yang sangat positif," katanya.

Kekuatan di sektor keuangan sangat jelas, tetapi ada juga "kepemimpinan yang baik" dari saham-saham industri, dengan laporan kuartalan yang kuat dari maskapai penerbangan Qantas.

Saham-saham TI juga telah melihat dukungan yang baik dan tampaknya menggemakan kinerja saham-saham teknologi di AS selama sesi pelaporan mereka. Bahkan saham-saham energi, yang melihat pelemahan dalam harga minyak semalam, berhasil membuat kenaikan moderat dan satu-satunya sektor resmi yang berakhir di merah adalah saham telekomunikasi, kata McCarthy.

Ia menambahkan bahwa penurunan volatilitas indeks menunjukkan bahwa kepercayaan investor meningkat. Pasar di seluruh wilayah, dengan pengecualian yang jelas dari Nikkei Jepang, juga mencatat kinerja yang kuat, katanya.

ANZ ditutup 0,18 persen lebih tinggi, Commonwealth Bank menambahkan 0,4 persen, National Australia Bank naik 0,44 persen dan Westpac naik 0,34 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton tergelincir 0,16 persen, sementara saingannya Rio Tinto bertambah 0,39 persen. Fortescue Metals naik 1,49 persen dan penambang emas Newcrest merosot 0,47 persen. Raksasa minyak dan gas Santos berakhir naik 0,65 persen, sementara Oil Search merosot 0,51 persen. Woodside Petroleum naik 0,28 persen.

Woolworths naik 0,9 persen dan jaringan supermarket saingannya Wesfarmers bertambah 0,14 persen.

Qantas, didukung oleh angka kuartalan terbarunya, melonjak 8,1 persen, sementara raksasa telekomunikasi Telstra tergelincir 0,31 persen. Kelompok biomedis CSL berakhir 0,45 persen lebih tinggi. [tar]

#BursaSaham #Australia #ASX
BERITA TERKAIT
Ini Makna Bunga Acuan di Swiss Tetap Negatif
IHSG Akhirnya Catat Kenaikan 0,4% ke 6.410,08
Bursa Saham Asia Mayoritas Turun
Bursa Saham Eropa dalam Tekanan
IHSG Coba Kurangi Pelemahan Jadi 0,2% ke 6.359
Inilah Pemicu Kejatuhan Harga Saham CPIN dan JPFA
Bursa Saham Asia Memerah

kembali ke atas