TEKNOLOGI

Sabtu, 05 Mei 2018 | 00:00 WIB

WHO: 9 Dari 10 Orang Hirup Udara Kotor

WHO: 9 Dari 10 Orang Hirup Udara Kotor
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jenewa - Sembilan dari 10 orang di seluruh dunia menghirup udara berpolusi, kata laporan terbaru Organisasi Kesehatan Sedunia WHO. Polusi dalam ruangan merupakan masalah besar yang pada umumnya kurang disadari.

Laporan WHO itu mengatakan, polusi udara juga sudah membunuh tujuh juta orang setiap tahun. Populasi yang terpinggirkan di tempat-tempat seperti Afrika dan Asia paling terkena dampaknya.

"Ini hal mendasar dan tidak dapat diterima," kata Dr. Maria Neira, pejabat WHO, seperti dilansir VOA News.

Udara kotor, baik di dalam dan luar ruangan, menyebabkan stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru dan penyakit pernapasan kronis seperti asma.

Sementara sebagian orang mengaitkan polusi dengan sumber-sumber luar ruangan seperti asap pabrik dan mobil, laporan WHO itu mengatakan polusi dalam ruangan menyebabkan hampir 4 juta kematian setahun.

"Tiga miliar orang di seluruh dunia hampir separuh dari populasi dunia masih bergantung pada bahan bakar yang menyebabkan polusi untuk memasak, memanaskan ruangan atau untuk penerangan rumah," kata Dr. Neira.

Hal itu termasuk bensin, kayu, dan bahan bakar padu lain, bukannya sumber-sumber yang lebih bersih seperti listrik dan gas.

Dr. Neira mengumumkan bahwa WHO akan bertemu dalam konferensi global pertama mengenai polusi udara pada akhir Oktober mendatang di Jenewa, Swiss, untuk mencari intervensi dan solusi.

#WHO #polusi #udara
BERITA TERKAIT
Cadillac Terus Menguat di China
Genesis Kenalkan Mobil Konsep EV Mint di New York
Capcom Rilis Produk Konsol
Google Dituduh Lakukan Sabotase Terhadap Firefox
(Mengaku Dapat Wangsit dari Dewi Laut) Bos Foxconn Umumkan Maju Jadi Capres Taiwan
Penjualan Perdana, Samsung Galaxy Fold Laris Manis
Toyota Siap Produksi Corolla Listrik di Brasil

kembali ke atas