PASAR MODAL

Senin, 07 Mei 2018 | 06:33 WIB
Highlight

Kenapa Pertemuan AS-China Tanpa Kesepakatan?

Wahid Ma'ruf
Kenapa Pertemuan AS-China Tanpa Kesepakatan?
(Foto: istimewa)
1 2


INILAHCOM, Beijing - Para pejabat senior Cina dan Amerika mengakhiri dua hari negosiasi pada hari Jumat (4/5/2018) tanpa kesepakatan. Bahkan tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk pembicaraan lebih lanjut. Pemicunya Amerika Serikat meningkatkan tuntutannya untuk konsesi Cina untuk mencegah perang dagang potensial.

Tim perunding Amerika, yang termasuk Menteri Keuangan, Steven Mnuchin dan perwakilan perdagangan Amerika Serikat, Robert E. Lighthizer, menuju bandara setelah pembicaraan dan tidak mengeluarkan pernyataan. Tetapi daftar tuntutan yang kelompok itu ambil ke dalam pertemuan itu menyerukan untuk mengurangi kesenjangan perdagangan Amerika Serikat dengan China sebesar US$200 miliar selama dua tahun ke depan dan penghentian subsidi Cina untuk sektor manufaktur maju.

Tuntutan itu, yang menyebar di media sosial Cina dan dikonfirmasi oleh seseorang yang dekat dengan perundingan, menyarankan bahwa kedua pihak mengeraskan posisi mereka pekan ini meskipun ada dua hari pembicaraan. Pejabat senior China dan penasihat mereka juga mengirimkan pesan yang disengaja kepada Barat bahwa hari-hari Beijing sebagai damai telah berakhir, dan bahwa China mengintai posisinya sendiri dalam negosiasi.

Orang yang dekat dengan negosiasi bersikeras anonimitas karena kepekaan diplomatik.

Daftar ekstensif tuntutan perdagangan Amerika Serikat tiba-tiba menyapu, dan menunjukkan bahwa pemerintahan Trump tidak memiliki niat untuk mundur meskipun sikap tegas Beijing dalam beberapa hari terakhir. "Daftar itu berbunyi seperti persyaratan untuk menyerah daripada dasar untuk negosiasi," kata Eswar Prasad, seorang profesor ekonomi di Cornell University seperti mengutip cnbc.com.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Catatan Sepekan IHSG, Jual Bersih Tembus Rp1,2 T
Wall Street Mulai Cerna Data Kuartalan
Inilah Penggerak Dolar AS di Akhir Pekan
Bursa Eropa Tertekan di Awal Sesi
Wall Street Berpeluang Bangkit
Data PDB China Batasi Bursa Saham Asia
IHSG Berakhir Terpangkas 8 Poin di Angka 5.837

ke atas