NASIONAL

Senin, 07 Mei 2018 | 16:28 WIB

PM Tiongkok Harap Asian Games 2018 Sukses

Ahmad Farhan Faris
PM Tiongkok Harap Asian Games 2018 Sukses
(Foto: Inilahcom/Ahmad Farhan)
INILAHCOM, Bogor - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengajak Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Keqiang berfoto dengan maskot Asian Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (7/5/2018).

Dalam kesempatan ini, Jokowi memegang Bhin-Bhin dan Kaka. Bhin-bhin ialah maskot Burung Cendrawasih yang tersebar di Pulau Irian dan Pulau Aru Indonesia sebagai simbol strategi.

Sedangkan, Kaka adalah maskot Badak Bercula Satu yang merupakan simbol kekuatan. Badak itu merupakan binatang yang hanya bisa ditemui di Ujung Kulon, Indonesia.

Sementara PM Tiongkok Lu memegang Atung sebutan lain maskot Rusa Bawean. Atung menjadi simbol kecepatan. Rusa Bawean merupakan binatang yang hanya tersebar di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Rusa Bawean merupakan hewan nokturnal (lebih aktif malam hari).

Kemudian, Jokowi mengapresiasi dukungan dan partisipasi Tiongkok dalam penyelenggaraan Asian Games pada bulan Agustus 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatra Selatan.

"Marilah kita jadikan Asian Games 2018 ini tidak hanya ajang perhelatan olahraga, namun juga energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan kita," ujarnya.

Sementara Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia bisa berjalan tanpa ada kendala maupun hambatan apapun. Bahkan, Tiongkok akan berpartisipasi secara penuh agar bisa terselenggara dengan sukses.

"Sekarang kita mengangkat simbol kedua boneka ini dari Asian Games dan mengharapkan Asian Games bisa sukses," katanya. [ton]
#AsianGames
BERITA TERKAIT
Kata UAS Ceramah di Club Malam
(Pertama Laporkan Dana Kampanye) PKS: Kita Ingin Bangun Budaya Demokrasi yang Baik
PKS Ingin Pemilu yang Teladan & Transparan
PKS Mudah Atur Dana Kampanye Karena Kerjasama KPK
Caleg Dukung Prabowo-Sandi, Golkar belum Bersikap
Kisruh Impor Beras, Gatot Bela Buwas
Polri-TNI Diharap Mampu Redam Isu Jelang Pemilu

ke atas