MOZAIK

Sabtu, 12 Mei 2018 | 00:02 WIB

Jangan Terlalu Ge-er Atas Komentar Tentang Kita

KH Ahmad Imam Mawardi
Jangan Terlalu Ge-er Atas Komentar Tentang Kita
(Foto: Ilustrasi)
BENAR bahwa nilai itu tergantung orang yang menilai, bukan 100% tergantung yang dinilai. Nilai itu relatif, dianggap pandai di sini namun dianggap bodoh di sana. Dianggap cerdas di sini, dianggap dungu di sana. Dianggap ganteng atau cantik oleh sekelompok orang, tapi dianggap jelek oleh sekelompok yang lain.

Karenanya, tak usah terlalu risau jika ada yang berkomentar negatif tentang kita. Jadikan saja komentar itu sebagai pengingat untuk selalu positif. Demikian pula jangan sombong dan gedhe rumongso (ge-er) saat dipuji orang karena nilai itu relatif dan bisa jadi tak sepenuhnya sesuai fakta. Jadikan saja komentar positif sebagai penyemangat untuk lebih positif lagi.


Seorang buta kesulitan saat mau melintasi tanah becek yang baru tersiram hujan. Ada seorang wanita yang dari seberang memandu dengan setengah teriak untuk ke kanan dan ke kirinya biar tidak tepat jalanan yang licin. Orang buta itu berkata: "Terima kasih wanita cantik jelita." Wanita itu terpukau dan senang sekali dengan pujian itu.

Ke mana-mana dia cerita tentang kecantikan dirinya seakan tak ada orang lain yang lebih cantik. Dengan semangat dia berkata: "Saya heran dan takjub, orang buta saja tahu bahwa saya cantik." Tiba-tiba ada yang nyeletuk: "Iya, memang hanya orang buta saja yang bilang kamu cantik." Wanita itu terdiam sedih. Tak usah ge-er lah dengan segala macam pujian. Biasa saja. Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Hubungan Anak & Orang Tua tak akan Terhapus Zaman
Semangatlah dalam Bertamu kepada Allah
Tersenyumlah, Matahari Terbit Seperti Biasa
Apakah Khatib Jumat ini Bukan Manusia?
Nasionalisme Orang Kampung, Nasionalisme Original
Sang Teladan, Tahu Diri dan Tahu Menempatkan Diri
Tahun Politik, Tahun Ketidakpastian?

ke atas