PASAR MODAL

Kamis, 10 Mei 2018 | 07:02 WIB

Manjakan Nasabah, Sequis Luncurkan "Polisku"

Ahmad Munjin
Manjakan Nasabah, Sequis Luncurkan "Polisku"
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dalam memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk menunjang pertumbuhan bisnisnya, Sequis di awal kuartal 2 tahun 2018 meluncurkan Sequis Polisku.

Polisku adalah layanan asuransi yang mudah dan cepat yang disediakan untuk para pemegang polis. Sequis Polisku dapat diunduh dari Google Play Store atau Apple App Store melalui website: https://polisku.sequis.co.id.

President Director and CEO PT Asuransi Jiwa Sequis Life, Tatang Widjaja mengatakan, Sequis Polisku adalah inovasi untuk memberikan layanan bagi nasabah Sequis melalui teknologi digital.

"Kami ingin memberikan pengalaman baru dan kemudahan bagi para nasabah dalam mengakses informasi polisnya melalui 4 fitur unggulan dari aplikasi yang akan memudahkan nasabah dalam melakukan perubahan data nasabah, pembayaran premi, pengajuan klaim dan pemantauan proses klaim. Sehingga, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat, kapan pun dan di mana pun," ujarnya.

Sequis menyadari berkembangnya Fintech di Indonesia yang memengaruhi proses bisnis membuat semakin banyak nasabah yang membutuhkan layanan asuransi lewat ranah digital.

Oleh sebab itu, sejak tahun 2016 Sequis sudah meluncurkan Sequis Online dan Sequis Ez di tahun berikutnya. Kemudian di tahun 2018, Sequis kembali berinovasi dengan meluncurkan aplikasi Sequis Polisku.

Menurut Tatang, dunia bisnis perlu melakukan transformasi digital demi mendukung pertumbuhan perusahaan.

"Kami percaya akan pentingnya mengedukasi masyarakat akan manfaat asuransi bagi kesejahteraan, kelangsunganhidupdan meningkatkan penetrasi pasar. Kami menunjukkan bahwa mendapatkan layanan asuransi sepertimengakses informasi polis,mengajukanklaim, danlayanan asuransi lainnyakini dapat dilakukan dengan cara yang mudah melalui Sequis Polisku," imbuh Tatang.

Sequis Polisku: Inovasi berasuransi untuk nasabah setia Sequis

Head of Business Excellence & Project Management Office Sequis, Dion Pratama Guntoro mengatakan Sequis Polisku akan memberikan kemudahan pengalaman berasuransi kepada nasabah Sequis.

"Kini layanan kami dapat diakses dengan mudah dan cepat," ucap dia dalam presentasinya pada peluncuran Sequis Polisku.

Tersedia 4 fitur unggulan dari aplikasi ini, yakni: Perubahan Data Nasabah; Pembayaran Premi, Pengajuan Klaim dan Pemantauan Proses Klaim.

Untuk menikmati fitur-fitur tersebut, nasabah harus memastikan nomor telepon genggam yang aktif telah terdaftar di Sequis, kemudian mengunduh aplikasi Sequis Polisku dan mengaktifkan akun personal nasabah.

Demi alasan keamanan transaksi, para nasabah diberikan Unique ID dan password. Sequis Polisku juga dilengkapi dengan OTP (One-Time Password) yang akan dikirimkan melalui SMS setiap kali nasabah melakukan transaksi.

Fitur ini juga dilengkapi inactive period yaitu akun akan otomatis log out apabila setelah beberapa menit tidak ada aktivitas pada Sequis Polisku.

Untuk setiap transaksi perubahan yang dilakukan, nasabah perlu menyertakan dokumen pendukung dengan cara mengunggah (upload) dokumen tersebut pada kolom yang tersedia.

Setelah nasabah selesai melakukan transaksi, nasabah akan menerima konfirmasi melalui fitur Inboxyang terdapat pada Sequis Polisku.

Informasi rumah sakit rekanan Sequis juga tersedia di dalamSequis Polisku. Dion optimis bahwa aplikasi ini akan bermanfaat bagi nasabah karena memudahkan nasabah bertransaksi dengan Sequis.

Ke depannya, Sequis akan terus melakukan pengembangan fitur layanan yang dapat di akses melalui Sequis Polisku.

Kinerja Sequis Tahun 2017

Padakesempatan yang sama Sequis juga mengumumkan kinerja keuangan tahun 2017 yang positif yang dipaparkanoleh President Director & CEO PT Asuransi Jiwa Sequis Life Tatang Widjaja.

Sequis Life mencatat Total Pendapatan Premi Netto senilai Rp3,01 triliun atau naik 4%. dibandingkan tahun 2016. Pencapaian total pendapatan premi netto ini dikontribusikan oleh total Premi Bisnis Baru sebesar Rp665 miliar.

Pertumbuhan pendapatan premi Sequis Life pada tahun 2017 ini lebih banyak ditopang oleh penjualan produk Unit Link sebesar73% sedangkan 27% didapatkan dari produk tradisional.

Total Dana Kelolaan naik 14% dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai akhir Rp18,26 triliun. Sedangkan untuk Laba Netto naik sebesar 27% senilai Rp1,01 triliun.

Selanjutnya, Total Laba Komprehensif 2017 naik 58% dengan nilai Rp1,35 triliun. Sequis Life juga mencatat Rasio Solvabilitas atau RBC pada posisi 784% jauh melampaui ketentuan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 120%.

"Pertumbuhan positif dari Sequis ini tidak lepas dari kontribusi serangkaian program pelatihan dan pengembangan kualitas kinerja agen, yaitu Agency Excellence Program(AEP) yang berhasil menghantarkan banyak dari agennya meraih prestasi, seperti MDRT, persistensi yang baik, pertumbuhan investment income yang positif, serta pengelolaan expense management yang terkendali," kata Tatang.

Inovasi produk untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat, seperti adanya produk asuransi kesehatan Sequis Health Infinite Medcare Rider yang bisa diakses sampai ke seluruh dunia menjadi salah satu kontributor pencapaian ini.

Beberapa penghargaan seperti: Top Insurance, Best Financial Performance Life Insurance Company, Indonesia Best Corporate Reputation Award, Indonesia Digital Innovation Award, Contact Center Service Excellence Award, dan Excellence Service Experience Award juga telah diterima Sequis sepanjang 2017 yang mengokohkan langkah Sequis menuju visinya menjadi pemimpin pasar asuransi jiwa dan kesehatan di Indonesia.

Tatang menjelaskan, selama ini Sequis menerapkan prinsip pengelolaan manajemen keuangan yang mengedepankan prinsip kehati-hatian (prudent) dan memerhatikan pergerakan pasar sehingga nasabah merasa aman dan tetap memercayakan perlindungan asuransinya kepada Sequis.

Selain itu, sinergi yang baik dalam perusahaan yang tidak berhenti hanya pada level dewan direksi, namun juga terjadi pada seluruh lapisan organisasi membuatperusahaan semakin kuat dan reputasi dapat terjaga dengan baik.

"Kami menciptakan budaya agar para karyawan bekerja dengan semangat kolaborasi, memiliki pikiran terbuka untuk berbagi ide dan pemikiran demi mencapai target perusahaan. Hal inilah yang membuat Sequis mampu meraih kinerja yang positif hingga di usia yang hampir mencapai 34 tahun, serta siap memajukan industri asuransi jiwa Indonesia," ujar Tatang.

Sedangkan untuk tahun 2018, Tatang mengaku optimistis bahwa unit link masih berpeluang untuk berkembang.

"Sequis masih optimis dapat mencapai pertumbuhan premi bisnis baru 20%, dengan memberikan porsi produk unit link dan tradisional untuk distribusi dari jalur keagenan sebanyak 50%:50%," ujarnya.

Tatang juga menambahkan bahwa pengembangan distribusi melalui Agency, Sequis Online, sertaGroup Employee Business juga masih berpeluang tinggi.

Plan the Unplanned untuk Mempersiapkan Hari Esok yang Lebih Baik

Menyadari penetrasi asuransi di Indonesia yang baru 7,1% jika dilihat dari besarnya jumlah tertanggung perorangan terhadap jumlah penduduk berdasarkan data AAJI kuartal IV-2017, guna meningkatkan kesadaran masyarakat lebih lagi, Sequis juga meluncurkan kampanye Plan The Unplaned di sepanjang tahun 2018 ini.

Sequis memandang kesadaran pentingnya memiliki perlindungan asuransi perlu didorong agar terus bertumbuh di dalam benak masyarakat. Hal ini karena asuransi berperan untuk memberikan perlindungan bagi keuangan keluarga jika terjadi risiko terhadap keberlangsungan hidup.

Menurut Head of Corporate Branding, Marketing and Communication Sequis, Felicia Gunawan, risiko kehidupan bisa timbul misalnya karena sakit dan membutuhkan biaya perawatan medis atau terjadi cacat atau meninggal dunia pada anggota keluarga, terutama kepala keluarga sebagai pencari nafkah.

Jika risiko tersebut terjadi, akan terjadi gangguan pada keuangan keluarga untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang mereka, misalnya dana pendidikan. Padahal, keluarga adalah fungsi terkecil dari roda pembangunan.

Jika keuangan keluarga yang tidak stabil terjadi secara masif secara perlahan akan mengganggu kegiatan perekonomian bangsa.

Sequis mencoba menyadarkan masyarakat untuk membuat rencana cadangan (back-up plan) dalam mengantisipasi hal yang tak terduga. Rencana matang belum tentu cukup sehingga perlu mempersiapkan diri utamanya dalam hal finansial. Sequis mencoba hadir sebagai pelindung untuk menjaga masa depan keluarga Indonesia dari risiko ketidakpastian dalam hidup.

"Kami inginmembantu nasabah dan masyarakat Indonesia mewujudkan hari esok yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan ini tentu memerlukan perencanaan matang dan perlindungan ekstra karena ada saja kejadian yang berpotensi menghambat tercapainya suatu rencana.

Sequis menyediakan solusi lengkap untuk kehidupan, kesehatan, dan keuangan (Life-HealthInvestment) melalui rangkaian produk yang dirancang lengkap dengan jalur distribusi yang beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang juga beragam.

Oleh karena itu, Sequis optimistis dapat membantu nasabah merencanakan yang tak direncanakan (plan the unplanned) demi meraih hari esok yang lebihbaik," tutup Felicia. [jin]

#Sequis #Polisku #TatangWidjaja
BERITA TERKAIT
Catatan Sepekan IHSG, Jual Bersih Tembus Rp1,2 T
Wall Street Mulai Cerna Data Kuartalan
Inilah Penggerak Dolar AS di Akhir Pekan
Bursa Hong Kong dan Korsel Happy Ending
Pasar Saham Malaysia Senasib Singapura, Melemah
Naik Tipis, Kontrak Baru PTPP Tembus Rp32 Triliun
Bursa Eropa Tertekan di Awal Sesi

ke atas