GAYA HIDUP

Jumat, 11 Mei 2018 | 23:03 WIB
(Indonesia Agrofood Expo 2018)

Festival Kopi 2018 Suguhkan Beragam Kopi Nusantara

Aris Danu
Festival Kopi 2018 Suguhkan Beragam Kopi Nusantara
(Foto: inilahcom/Aris DC)

INILAH.COM, Jakarta-Festival Kopi 2018 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-13 Mei 2018. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pameran sektor pertanian, Indonesia Agrofood Expo (IAE) ke-18 yang menampilkan produk unggulan agribinis, diantaranyakopi, kakao, rempah-rempah, serta sawit sebagai komoditas andalan penghasil devisa negara.

Bersamaan pameran IAE digelar juga pameranIndonesia International Modern Agriculture Expo 2018 yang menampilkanalat dan mesin pertanian dari Indonesia dan mancanegara sertaFestival Kopi 2018.

Rangkaian kegiatan Festival Kopi 2018bertujuanuntuk memperkenalkan keberagaman kopi Indonesia, baik kopi biasa maupun kopi special. Acara ini mempertemukan berbagai pegiat kopi di Indonesia, mulai dari petani, trader, industri, penikmat kopi hingga pemilik kedai kopi. Selain itu untuk meningkatkan konsumsi kopi dalam negeri dan dunia.

Indonesia Agrofood Expo 2018 ke-18 tahun kali ini mengangkat tema "Diversifikasi Komoditi Pertanian Mendukung Swasembada Pangan". Pameran ini dibuka olehDirektur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan,Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan) Ir. Dedi Junaedi, M.Sc.,Jumat (11/5/2018).

Deddi mengatakan, potensi komoditi pertanian khususnya sub sektor perkebunan Indonesia masih cukup besar, akan tetapi pengelolaannya belum optimal karena terkendala oleh beberapa masalah antara lain; masih rendahnya kapasitas SDM pekebun, tanaman yang sudah tua/tidak produktif, maupun infrastruktur.

"Pameran ini sangat penting untuk memberikan motivasi kepada produsen/petani supaya produk-produk yang mereka hasilkan dapat diterima konsumen, juga sebagai upaya memperkenalkan produk agribisnis Indonesia khususnya perkebunan ke pasar nasional dan dunia," kata Dedi Junaedi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/5/2018).

Sementara itu Moh.Sukur Sakka mengatakan, pameran Indonesia AgroFood Expo ke-18 ini diselenggarakan bersamaan dengan "Indonesia International Modern Agriculture Expo 2018" yang diikuti oleh perusahaan alat dan mesin pertanian dari Indonesia, China, Turki, Taiwan dan Korea.

"Pameran ini semakin penting artinya sejalan dengan tingginya perhatian pemerintah untuk mewujudkan swasembada panganmelalui teknologi pertanian modern," katanya.

Pada pameran tersebut juga digelar acara pendukung yang dapat diikuti oleh para pengunjung di antaranya; forumbuyers meet sellers: Advokasi & Promosi Produk Perkebunan Berbasis Indikasi Geografis presentasi & pelatihan hidroponik; Memanfaatkan Pekarangan Rumah sebagai Sumber Pangan Bernutrisi, Beragam, Terjangkau;serta acaratalkshow; Teknologi Pertanian Modern untuk Meningkatakan Hasil Panen', 'Cara Memilih dan Memilah Kopi. [adc]

#FestivalKopi2018 #IndonesianAgrofoodExpo2018
BERITA TERKAIT
(Business Gethering ITB Asia 2018) Penuhi Janji, Menpar Promosikan NTB
Liburan Seru? Ayo Coba ke Onan Runggu 1 Sipahutar
(Efek Bencana Alam) Anak jadi Kelompok yang Paling Rentan
Diplomasi Kopi Menpar Hebohkan ITB Asia 2018
Ini Langkah Awal Cegah Osteoporosis
Cegah Osteoporosis Sejak Dini
Nikmati Raja Ampat Melalui Live On Board

ke atas