GAYA HIDUP

Minggu, 13 Mei 2018 | 20:20 WIB

Rhino Kites Festival Diikuti Pelayang Enam Negara

Aris Danu
Rhino Kites Festival Diikuti Pelayang Enam Negara
(Foto: inilahcom/Aris DC)
INILAH.COM, Banten-Perhelatan Rhino Kites Festival di pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten menarik perhatian masyarakat dan wisatawan. Puluhan layang-layang menghiasi birunya langit di kawasan wisata tersebut.

Rhino Kites Festival merupakan bagian dari rangkaian perhelatan akbar Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri), ajang kejuaraan terbuka cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari. Perlombaan tingkat internasional ini akan melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung pada 29 - 30 September mendatang.

Festival layang-layang ini diikuti pelayang dari 6 negara yang dimulai sejak Sabtu (12/5/2018). Mereka antusias menerbangkan layangan hias yang menandai peluncuran Rhino Cross Triathlon. Para pelayang itu adalah Michele (Jerman), Bart W Van Assen (Belanda), Nasri Ahmad (Malaysia), Leong Kwon (Leong Kwon), Brussel (Belgia), dan Nardi (Solo, Indonesia).

"Untuk kegiatan ini (Rhino Kites Festival) kami bekerja sama dengan Museum Layang-Layang Indonesia. Kegiatan ini menjadi bagian dari ajang Rhino X-Tri, kompetisi terbuka olahraga cross triathlon pertama di Indonesia. Kenapa layang-layang, karena layang-layang adalah permainan dan olahraga yang universal, apalagi di Tanjung Lesunh ini areanya sangat mendukung," kata Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of OC, Rully Lasahido, Sabtu (12/5/2018).


Rully menambahkan, kegiatan Rhino X-Tri tersebut sebagai upaya untuk mengenalkan destinasi wisata Tanjung Lesung ke mancanegara melalui sport tourism. Terbukti, kegiatan ini sudah menjadi kalender tahunan yang dinantikan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Dengan komitmen kuat inilah kami menghelat Rhino Kites Festival dan Rhino Cross Triathlon pada akhir September mendatang yang sudah menjadi bagian dari Indonesia's Calendar of Events 2018," terang Rully.

Sementara itu, penggagas sekaligus pendiri Museum Layang-Layang Indonesia, Endang Ernawati menyambut baik kerjasama dengan pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung. Menurutnya, layang-layang merupakan permainan khas Indonesia yang dimainkan anak-anak dan juga kalangan dewasa. Rhino Kites Festival ini dinilainya sebagai upaya untuk melestarikan permainan layang-layang.

"Indonesia sebagai satu di antara penggiat layang yang sudah lama di dunia harus terus aktif pagelaran Kites Festival," ujar Endang. [adc]
#RhinoKitesFestival2018 #RhinoXTriathlon2018
BERITA TERKAIT
Surabaya Raih Yokatta Wonderful Tourism Awards
(Sambut Hari Anak Nasional) Ini Cara Didik Anak di Era Digital
RI Panen di KAYAK Travel Award Singapore 2018
Makanan Pendukung untuk Ibu Menyusui
Ini Destinasi Wisata Baru di Timur Jakarta
Ini Tiga Dampak pada Janin Ketika Ibu Hamil Stres
(Ingin Turun Berat Badan) Restoran Ini Cocok untuk Pecinta Gaya Hidup Sehat

ke atas