PASAR MODAL

Senin, 14 Mei 2018 | 06:15 WIB
Highlight

IHSG akan Tunggu Kenaikan BI Rate

Wahid Ma'ruf
IHSG akan Tunggu Kenaikan BI Rate
(Foto: inilahcom)
1 2


INILAHCOM, Jakarta - Untuk pekan ini, laju pergerakan IHSG akan lebih banyak dipengaruhi sentimen nilai tukar rupiah dan hasil rapat BI terkait suku bunga acuan, serta harga komoditas dunia dan pergerakan indeks Dow Jones.

Menurut praktisi pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, secara teknikal, IHSG terlihat mulai rebound. Namun kenaikan IHSG dalam 2 hari terakhir masih berupa teknikal rebound dalam trend turun.

"Indikator teknikal MACD berpeluang terjadi golden cross, tapi masih di bawah centreline. Dari kondisi teknikal tersebut, mengindikasaikan bahwa IHSG masih berada di fase downtrend dalam jangka pendek dan mencoba untuk reversal," katanya Minggu (13/5/2018).

Terlihat bahwa IHSG masih mencoba untuk melewati resistance 6.012. Apabila dapat diterobos, maka IHSG berpeluang melanjutkan teknikal reboundnya menuju target dikisaran 6.085 hingga 6.225. Sementara untuk level support IHSG berada di 5.716.

Berbeda dengan IHSG, indeks saham DJIA telah keluar dari pola konsolidasi descending triangle pattern setelah berhasil menembus down trend resistancenya. Penembusan resistance pola tersebut, membuka peluang bagi DJIA untuk kembali bergerak menguat.

Namun kenaikan DJIA saat ini masih tertahan oleh resistance di level 24.850. Apabila dapat dilewati, maka DJIA berpeluang menguat menuju resistance di level 25.800 hingga level all time highnya lagi di 26.616, sebelum menuju target teoritis dari pola descending triangle patternnya di level 27.500.

Untuk pekan ini, perhatian pelaku pasar akan tertuju pada data perdagangan dan export-import bulan April pada hari Selasa serta kebijakan suku bunga acuan BI pada hari Kamis. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar pada pekan ini.

Selasa 15 Mei 2018, Kebijakan moneter Australia, Rilis data GDP dan sentimen ekonomi Jerman, Rilis data pendapatan, tingkat pengangguran dan inflasi Inggris, Rilis data GDP zona eropa, Rilis data penjualan ritel AS. Rabu 16 Mei 2018, Rilis data GDP Jepang, Rilis data gaji Australia, Pernyataan Ketua ECB Draghi, Rilis data ijin bangunan dan cadangan minyak AS.

Kamis 17 Mei 2018,Rilis data pekerjaan Australia. Jumat 18 Mei 2018, Rilis data inflasi Jepang.
#BursaSaham #DolarAS #IHSG
BERITA TERKAIT
Catatan Sepekan IHSG, Jual Bersih Tembus Rp1,2 T
Wall Street Mulai Cerna Data Kuartalan
Inilah Penggerak Dolar AS di Akhir Pekan
Bursa Eropa Tertekan di Awal Sesi
Wall Street Berpeluang Bangkit
Data PDB China Batasi Bursa Saham Asia
IHSG Berakhir Terpangkas 8 Poin di Angka 5.837

ke atas