MOZAIK

Kamis, 17 Mei 2018 | 00:04 WIB

Memahami Inti Ilmu Menurut Abdullah bin Umar

KH Ahmad Imam Mawardi
Memahami Inti Ilmu Menurut Abdullah bin Umar
(Foto: Ilustrasi)
DALAM kitab Siyar A'lamin Nubalaa jilid 3 halaman 222 dikisahkan: Seseorang pernah menulis surat kepada Abdullah Ibnu 'Umar bin Khatthab RA: "Tuliskan kepadaku ilmu, semuanya." Maka Ibnu 'Umar membalas menjawabnya:

"Sesungguhnya ilmu itu banyak, akan tetapi jika Anda mampu untuk berjumpa dengan Allah dalam keadaan ringan (beban) di pundak dari darah-darah manusia, perut kosong dari harta-harta mereka, menahan lisan dari kehormatan-kehormatan mereka, berpegang teguh dengan urusan jamaah mereka; maka lakukanlah! "

Diminta menuliskan semua ilmu, dituliskannya 4 hal penting: tunaikan tanggung jawab kepada manusia, jangan memakan harta orang lain, jaga kehormatan orang lain dengan tidak sebar aib kesana kemari, dan memperhatikan urusan orang banyak.

Ilmu bukan urusan jumlah hapalan, apalagi hanya urusan tumpukan buku. Ilmu adalah masalah sikap diri dalam kehidupan. Orang berilmu adalah orang yang tahu cara terbaik memperlakukan orang lain berdasar pertimbangan kemaslahatan yang sangat kuat. Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Tenangkan Jiwa, Jadilah Pemimpin Kebaikan
Meneliti Kembali Laku Diri Agar Tak Tertipu
Serba-serbi Haji (26): Revolusi Industri 4.0 Haji
Segala Mimpi dan Harapan itu Mudah Bagi Allah
Mana yang Utama, Bertasbih atau Beristighfar?
Ikhlas adalah Kunci Utama Bahagia
Serba-serbi Haji (25): Sinergi Harapan dan Doa

ke atas