MOZAIK

Jumat, 18 Mei 2018 | 00:04 WIB

Pagi ini Siap Mencari Rizki? Ke Mana Hendak Dicari

KH Ahmad Imam Mawardi
Pagi ini Siap Mencari Rizki? Ke Mana Hendak Dicari
(Foto: Istimewa)

KALI ini marilah kita renungkan QS Al-Hijr ayat 21 berikut ini di mana Allah SWT berfirman, Dan tidak ada sesuatu pun, melainkan pada sisi Kamilah khazanahnya; Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu." (QS. Al-Hijr 15: Ayat 21)

Coba sempatkan buka kitab tafsir berkenaan ayat tersebut, maka akan didapat penjelasan bahwa semua rizki itu ada "di langit" atau semua kunci-kunci rizki itu ada di langit. Sayangnya, kebanyakan kita sibuk mencarinya di bumi dengan melupakan langit. Yang menyatakan kabar dalam ayat itu adalah Allah Sang Pemberi rizki. Sayangnya, kita lebih percaya pada iklan dan penebar janji palsu.

Saatnya kita optimalkan naik ke langit, berbisnis dengan melalui jalur langit. Biarlah Yang Di Langit yang nantinya mengatur gerak bisnis kita yang di bumi. Kenapa masih mengernyitkan dahi? Masih ragu? Bacalah kisah-kisah orang sukses masa lalu dari kelompok para sahabat yang dijamin masuk surga. Mereka semua adalah manusia-manusia langit.

Makna berikutnya adalah bahwa semua pemberian Allah itu diturunkan dengan ukuran tertentu. Bisa jadi yang diberikan kepada kita itu tak sesuai harap dan pada waktu yang tak sesuai keinginan. Namun belajarlah untuk menata hati agar menjadi yakin bahwa Allah akan membagi rizkiNya dengan hikmah dan rahmat yang terkandung di dalamNya. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Memaknai Hujan Sebagai Anugerah
Wahai Anak-anakku Ingat Pesan Imam al-Ghazali
Jangan Berbangga Dulu Sebelum Tahu
Jadi Pendengar yang Baik Tidaklah Mudah
Suami dan Istri yang Dirindukan di Rumah
Di Antara Para Pengeluh, Adakah Kita?
Siapa yang Sempurna Akal dan Pengetahuannya?

ke atas