MOZAIK

Kamis, 17 Mei 2018 | 01:11 WIB

Karena Keburukan Diri Sendiri

KH Abdullah Gymnastiar
Karena Keburukan Diri Sendiri
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam ketaatan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.. (QS. An Nisaa [4] : 79)

Saudaraku, apa yang paling mengancam diri kita di dunia ini? Tiada lain adalah keburukan diri kita sendiri. Orang sering berpikir takut kalau-kalau orang lain menyakitinya, menghinanya, meremehkannya, mengkhianatinya. Sehingga pikirannya terus fokus pada orang lain. Padahal keburukan tidak akan datang jika kita tidak berbuat buruk.

Setiap keburukan yang kita lakukan, itu adalah ibarat ranjau. Namun, kita lupa dimana saja kita sudah memasang ranjau-ranjau tersebut. Sehingga ranjau-ranjau itu mencelakai diri kita sendiri.

Seperti saat longsor terjadi, penyebabnya adalah ulah manusia sendiri yang tamak menebangi hutan sehingga akar-akar tercerabut dari tanahnya menyebabkan tanah menjadi labil. Atau seperti banjir, adalah karena ulah manusia sendiri yang menyepelekan fungsi sungai atau selokan dan malah memenuhinya dengan sampah.

Maka, yang terpenting bagi kita dalam hidup ini adalah sibuk memperbaiki diri, menjauhkan perangai buruk, menjauhi kemaksiatan, menjauhi sikap merendahkan dan meremehkan orang lain. Sibuk membersihkan hati, meluruskan ibadah, dan memelihara akhlak mulia.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mendapatkan bimbingan petunjuk Allah Swt. sehingga terhindar dari perilaku yang buruk yang bisa menyebabkan datangnya keburukan pada diri kita. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Semangat Menjadi Solusi
Membangun Ukhuwah dengan Kelembutan
Bentuk Balasan dari Dosa
Pesan Perdamaian untuk para Politikus
Setiap Perbuatan Pasti ada Balasannya
Inginkan yang Pasti ada Takdirnya
Niatkan Sholat Jumat di Shaf Paling Depan

ke atas