DUNIA

Rabu, 16 Mei 2018 | 09:04 WIB

Korupsi 1MDB, Najib Razak Segera Dituntut

Korupsi 1MDB, Najib Razak Segera Dituntut
Mantan PM Malaysia Najib Razak (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kuala Lumpur--Posisi Najib Razak semakin terpojok. Setelah tak lagi menjabat PM Malaysia karena kalah dalam pemilu pekan lalu, kini ia menghadapi tuntutan, karena namanya disebut-sebut dalam dugaan skandal korupilembaga dana pemerintah 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal melalui telekonferens seperti dikutip The New Strait Times, Selasa (15/5), PM Malaysia yang baru Mahathir Mohamad menyebut Najib bisa dituntut dalam waktu dekat.

"Jaksa telah mengumpulkan bukti yang cukup sehingga bisa membangun kasus yang kuat untuk mengajukan tuntutan," kata Mahathir.

Seperti diketahui IMDB yang didiirikan Najib sedang diselidiki di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain. Kemarahan atas skandal itu turut mendorong kemenangan telak koalisi Mahathir dalam pemilu pekan lalu, dan mengakhiri kekuasaan 60 tahun koalisi Barisan Nasional yang dipimpin Najib.

Para penyelidik AS mengatakan rekan-rekan Najib mencuri US$4,5 miliar dari BUMN itu, sebagian masuk ke rekening pribadi Najib, yakni US$700 juta (sekitar Rp9,8 triliun kurs saat ini). Setelah skandal itu muncul, Najib memecat para pengkritik pemerintahannya, termasuk jaksa agung sebelumnya dan seorang wakil perdana menteri, serta membungkam media.

Jaksa Agung barunya, Mohamed Apandi Ali, membersihkan Najib dari kesalahan apapun tahun 2016, dengan mengatakan dana yang masuk ke rekening Najib itu adalah sumbangan dari keluarga raja Arab Saudi dan bahwa sebagian besar uang itu telah dikembalikan.

Mahathir sudah meminta Mohamed Apandi Ali cuti sambil menunggu penyelidikan terkait peranannya dalam tuduhan menutup-nutupi skandal korupsi yang diduga melibatkan Najib. [lat]

#najib #razak #dituntut
BERITA TERKAIT
Penembakan di Prancis, 1 Orang Tewas, 6 Terluka
Presiden Prancis Janjikan Kenaikan Upah Minimum
Thailand Cabut Larangan Kampanye Politik
2 Biarawati Curi Rp7 Miliar, Berjudi di Las Vegas
AS Jatuhkan Sanksi pada 3 Pejabat Senior Korut
Mesir Usut Video Bugil Pasangan di Piramida Agung
Ramai-ramai Malaysia Mandailing Pulang Kampung

ke atas