DUNIA

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:37 WIB

Gubernur Bank Sentral Iran Kena Sanksi Ekonomi AS

Didi Prambadi
Gubernur Bank Sentral Iran Kena Sanksi Ekonomi AS
Valiollah Seif (Foto: istimewa)
INILAHCOM, Teheran - AS menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Valiollah Seif, Gubernur Bank Sentral Iran dan Ali Tarzali, salah satu direksi Bank Sentral Iran divisi internasional.

Laman Seattle Pi mengabarkan, Selasa (15/5/2018) kedua pejabat tinggi Iran itu dituduh AS membantu menyelundupkan jutaan dolar ke sebuah bank di Irak, guna membantu kelompok militan Hezbollah. Dengan demikian, seluruh transaksi keuangan yang ditanda tangani Valiollah Seif tidak berlaku. Sekaligus dianggap sebagai pelanggaran sehingga AS dapat menjatuhkan sanksi lebih berat lagi terhadap Iran.

AS tidak akan memperbolehkan pelanggaran atas sistem keuangan internasional terjadi, kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. Komunitas global perlu waspada atas upaya penipuan Iran yang memberikan dukungan terhadap kelompok teroris, sambung Steven Mnuchin.


Sanksi baru atas dua pejabat bank itu tampaknya dimaksudkan Trump untuk membatasi lembaga keuangan dunia dan negara-negara lain agar tidak bekerjasama dengan Iran. Resikonya, mereka yang masih membangkang maka jalur keuangan ke New York akan diputus. Trump bisa menggunakan sanksi ini agar Eropa tidak melakukan bisnis lagi dengan Iran, tutur Behnam Ben Talebu, ahli sanksi Iran di Foundation for Defense of Democracies.

Valiollah Seif seorang bankir profesional yang diangkat menjadi Direktur Bank Sentral Iran di jaman Pemerintahan Presiden Hassan Rouhani pada 2013. Valiollah acapkali ke Washington DC menghadiri serangkaian pertemuan dengan Dana Moneter Internasional, IMF.

Dengan sanksi ekonomi Trump, Iran tampaknya tak dapat lagi menerima bantuan utang atau dana dari lembaga-lembaga keuangan internasional. Selain itu, AS juga menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Bank Islam Al Bilad dan Aras Habib, CEO dan Direkturnya, karena mengirim dana terhadap kelompok militan Hezbollah. Kelompok militan ini dituduh mengirim gerilyawannya untuk membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Awal tahun 2018 ini, AS juga menjatuhkan sanksi terhadap Alexander Torshin, Deputi Gubernur Bank Sentral Rusia. Dan pada 2015, AS juga menjatuhkan sanksi terhadap gubernur bank sentral Suriah.
#AS #Iran
BERITA TERKAIT
Jamur Maut di Iran, 11 Tewas, 800 Masuk RS
AS Janjikan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran
Ini Daftar Tuntutan AS terhadap Iran
Eropa, Cina, Rusia Bahas Bantuan Baru untuk Iran
Demo Anti Pemerintah Meledak di Iran Selatan
Jenderal Garda Revolusi Iran Muncul di Baghdad
Iran Kutuk Serangan Udara Israel di Suriah

ke atas