MOZAIK

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:00 WIB

Menangis Ketika Salat Mengapa Tidak?

Menangis Ketika Salat Mengapa Tidak?
(Foto: Ilustrasi)
ALLAH Ta'ala berfirman, Dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (QS. Maryam: 58).

Dalam hadis disebutkan, dari Abdullah bin Asy-Syikkhir, ia berkata, Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam salat, ketika itu beliau menangis. Dari dada beliau keluar rintihan layaknya air yang mendidih. (HR. Abu Daud no. 904 dan Tirmidzi dalam Asy-Syamail Al-Muhammadiyah no. 322. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih).


Ibnu Umar radhiyallahu anhuma berkata, Ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sakit keras, ada seseorang yang menanyakan imam salat kemudian beliau bersabda, Perintahkan pada Abu Bakr agar ia mengimami salat.

Aisyah lantas berkata, Sesungguhnya Abu Bakar itu orang yang sangat lembut hatinya. Apabila ia membaca Alquran, ia tidak dapat menahan tangisnya. Namun beliau bersabda, Tetap perintahkan Abu Bakr untuk menjadi imam. (Muttafaqun alaih. HR. Bukhari no. 713 dan Muslim no. 418). [Ustazah Novria]
#Salat #Menangis
BERITA TERKAIT
Mendahului Imam Membatalkan Salat
Dosa Nyata, Suami Membuat Istri Menangis
Jadikan Sabar dan Salat sebagai Penolong
Karena Rahmat Allah
Hajikan Diri Sendiri atau Umrah Berdua Istri?
Siapakah Wali Nikah untuk Wanita Mualaf?
Amalan Agar Awet Muda dan Wajah Berseri

ke atas