EKONOMI

Rabu, 16 Mei 2018 | 18:30 WIB

Jokowi Ingatkan Anak Buah Jaga Investasi & Ekspor

ahmad farhan faris
Jokowi Ingatkan Anak Buah Jaga Investasi & Ekspor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/5/2018). Jokowi kembali menekankan pentingnya investasi dan ekspor demi meraih pertumbuhan ekonomi tinggi.

Saya pertama ingin mengulang kembali lagi betapa pentingnya yang namanya investasi, eksport terutama dalam rangka pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja membuka lapangan kerja yang ada di negara kita, kata Jokowi.

Terutama, kata Jokowi, investasi yang padat karya agar yang namanya prosedur perizinan betul-betul bisa dikurangi sebanyak-banyaknya. Kemudian, hilangkan regulasi-regulasi atau peraturan-peraturan yang tidak perlu, baik di tingkat kementerian, tingkat eselon 1 dan BUMN.

Sekali lagi, banyak menghambat investasi terutama dalam rangka pembukaan lapangan pekerjaan. Karena hanya dengan investasi dan eksport inilah pertumbuhan ekonomi dapat kita kejar, dan dengan investasi dan eksport ini bisa kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada, jelas dia.

Di samping itu, Jokowi menyampaikan strategi makro fiskal dalam jangka pendek, menegah dan panjang sudah sangat hati-hati dan sudah berada pada track yang betul. Bahkan, postur APBN dan postur fiskal terus dibenai dan diperbaiki.

Sehingga, Jokowi memerintahkan kepada seluruh menteri agar mengecek program-kegiatan yang ada di kementeriannya untuk yang kira-kira bersifat rutinitas atau bertahun-tahun itu ada, supaya digeser kepada hal yang produktif dan memberikan hasil serta manfaat yang dapat dirasakan oleh rakyat.

Banyak sekali kalau mau detail saya hampir setiap hari buka mengenai ini, kelihatan sekali. Kalau itu tidak kita lakukan, ya kita hanya rutinitas, hanya monoton dan tidak melakukan terobosan apa-apa, tandasnya. [ipe]
#PresidenJokowi #Ekspor #Investasi
BERITA TERKAIT
Eks Dirut Pertamina Karen Ngaku Bingung Kasusnya
Sri Mulyani Heran Green Tea Saja Impor?
(Pertanda Apa?) Dubes AS Dukung Jokowi Divestasi Saham Freeport
Menkeu Akui Sulit Turunkan Defisit Perdagangan
Utang Rp4.363 T, Sri Mulyani Masih Bilang Aman
Jokowi atau Prabowo, Ekonomi Tetap Berat
Airlangga Ingin Investor Singapura Antri ke RI

ke atas