EKONOMI

Kamis, 17 Mei 2018 | 01:29 WIB

KESDM: BBM Satu Harga untuk Kedaulatan Energi

Indra Hendriana
KESDM: BBM Satu Harga untuk Kedaulatan Energi
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia merupakan bentuk komitmen Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan kedaulatan energi.

Demikian disampaikan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Akhmad Syakhroza dalam diskusi bertajuk Membangun Kedaulatan Energi Paska Reformasi di Graha Pena 98, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

(BBM satu harga agar) Energi ini berdaulat. Patokan sebagi prinsip yang kami pegang mengatur sektor energi ini memegang teguh konstitusi yakni pasal 33, kata Syakhroza.

Selain tercantum dalam UUD 1945, dalam menjalankan regulator terkait energi, pihaknya juga melandaskan pada Pancasila sile ke-5. Dalam sila itu dijelaskan baha semua harus berkeadilan. Termasuk pada sektor energi. Sila ke-5 ini yang kamj jabarkan dengan tagline energi berkedadilan, ini gambaran sila ke-5, kata Syakhroza.


Untuk mendukung itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar dalam bekerja atau membuat regulasi harus mendasarkan pada prinsip di atas sehingga porsi anggaran Kementerian ESDM harus lebih banyak dinikmati rakyat.

Selain itu, lanjut Syakhroza, harus menjaga investor agar betah menanamkan investasinya di Indonesia karena negeri ini mempunyai keterbatasan anggaran, teknologi, dan beberapa hal lainnya.

"Akibat dari kebijakan ini, maka banyak aturan yang dipangkas, supaya investasi ini mudah. Hal-hal terkait perizinan itu, betapa banyak aturan sektoral ini yang kami hilangkan, sederhanakan lagi karena kita memperbaiki investasi agar investasi tidak berbelit-belit dan lama," katanya.

Selain Syakhroza, diskusi yang dipandu moderator aktivis 98 dari PENA 98, Fendy Mugni, menghadirkan dua pembicara yakni Vice President Operation SKK Migas, Elan Blantoro dan Deputi Bidang Energi Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. [ipe]
#KedaulatanEnergi #BBMSatuHarga #MenteriJonan
BERITA TERKAIT
Rumah Tangga Pasang Panel Surya Bakal Mudah
DPR Tanya Freeport, Jonan: Saya Maunya Tertutup
Jonan Bilang HoA dengan Freeport tak Mengikat
Divestasi PTFI Dibiayai 3 Bank BUMN, Siapa Bohong?
Shell Ajukan Impor LNG, ESDM Ketar-ketir
Sanksi Lingkungan Freeport Buat Bayar Divestasi
KESDM dan Kemensos Rapikan Distribusi LPG Subsidi

ke atas