DUNIA

Kamis, 17 Mei 2018 | 05:20 WIB

Haspel Bos Baru CIA

Haspel Bos Baru CIA
Gina Haspel (Foto: VoaNews)

INILAHCOM, Washington--Komisi Intelijen Senat, Rabu (16/5), dengan suara 10 banding lima menyetujui penunjukkan Gina Haspel sebagai direktur baru CIA.

Penunjukkannya ini kemudian akan diteruskan ke Senat, kemungkinan pekan depan, untuk pengukuhan final.

Fraksi Republik memiliki mayoritas tipis di Senat, namun lima senator Demokrat telah menyatakan akan mendukung Haspel untuk menjadi perempuan pertama yang memimpin CIA.

Haspel, Senin lalu, menulis surat ke Senator Mark Warner, pemimpin fraksi Demokrat di komisi intelijen itu, yang menyatakan bahwa CIA seharusnya tidak melangsungkan program interogasi keras setelah serangan teroris 11 September 2001 di AS.

Program itu, yang diperkenalkan presiden George W. Bush, membolehkan waterboarding dan tindakan-tindakan keras lain terhadap tersangka teroris. Para penentang program itu mengatakan waterboarding adalah bentuk penyiksaan. Waterboarding adalah teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangan dan wajah, kemudian kepalanya ditutup dan disiram air.

Haspel mengatakan dalam surat itu, program tersebut seharusnya tidak dilakukan CIA, sebuah sikap yang tidak diungkapkannya ke publik selama sidang konfirmasi pekan lalu.

Dalam sidang konfirmasi itu Haspel berjanji tidak akan memulai kembali program itu jika ia dikukuhkan sebagai direktur CIA. [voa/lat]

#haspel #cia
BERITA TERKAIT
Pemilu Thailand Diwarnai Keganjilan
Mahkamah Internasional Diminta Adili Tawanan ISIS
Presiden Perancis Jamu Mewah Presiden China
Perang Israel-Hamas Berkobar Kembali
Venezuela Memanas, Serdadu Rusia Berdatangan
(Penembakan di Dua Masjid) Selandia Baru Gelar Penyelidikan Tingkat Tinggi
65 Tentara Afghanistan Tewas di Tangan Taliban

ke atas