GAYA HIDUP

Kamis, 17 Mei 2018 | 17:32 WIB

Ibu Menyusui Tetap Bisa Berpuasa?

Mia Umi Kartikawati
Ibu Menyusui Tetap Bisa Berpuasa?
(Foto: ilustrasi)
INILAHCOM, Jakarta - Ibu menyusui bisa tetap menjalankan ibadah puasa. Apa alasannya?

Meski diberikan keringanan untuk tidak menjalankan puasa dengan membayar Fidyah, teryata para Ibu yang sedang menyusui bisa tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Hal ini karena terlihat dari beberapa penelitian yang menjelaskan, ketika para Ibu menyusui menjalankan ibadah puasa tidak berpengaruh dengan hasil produksi Air Susu Ibu (ASI).

Mengutip dari akun instagram, @id_ayahasi, Kamis, (17/05/2018), banyak penelitian yang sudah membuktikan jika berpuasa tidak akan mengurangi produksi ASI. Tetapi, dehidrasi berat dapat kurangi produksi ASI. Berpuasa juga tidak berpengaruh dengan komposisi atau gizi ASI sampai batas tertentu. Pastikan ketika berbuka dan sahur, Ibu menyusui tetap konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.


Seperti RakioAYlu.et.al. penelitian pada 2006, melakukan penelitian pada ibu yang berpuasa saat Ramadan ternyata puasa tidak pengaruh dengan pertumbuhan bayi dan kandungan makronutrien pada ASI ibu yang sedang menyusui dan berpuasa. Kandungan makronutrien dalam ASI seperti seng, magnesium, dan kalium memang menurun. Namun, kandungan makronutrien ASI yang tidak terpengaruh dengan Ibu berpuasa adalah seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Merujuk dari banyak penelitian, rupanya, tubuh Ibu menyusui membuat adaptasi metabolik selama berpuasa untuk memastikan produksi ASI tetap stabil.

Meski begitu, karena beberapa hal tersebut, lebih baik, para Ibu Menyusui yang memberikan ASI eksklusif di usia 0-6 bulan untuk menunda puasa. Hal ini agar para Ibu menyusui tidak mengalami dehidrasi. Jika memang tetap ingin menjalankan ibadah puasa, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, dan tetap berpegang pada pedoman konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. (tka)
#ibu #menyusui #puasa
BERITA TERKAIT
Makanan Pendukung untuk Ibu Menyusui
Ini Tiga Dampak pada Janin Ketika Ibu Hamil Stres
Menyusui dengan Gembira Demi Kesehatan Anak
Surabaya Raih Yokatta Wonderful Tourism Awards
(Sambut Hari Anak Nasional) Ini Cara Didik Anak di Era Digital
RI Panen di KAYAK Travel Award Singapore 2018
Ini Destinasi Wisata Baru di Timur Jakarta

ke atas