DUNIA

Kamis, 17 Mei 2018 | 14:22 WIB

Berlian Biru Bersejarah Terjual US$6,7 Juta

Berlian Biru Bersejarah Terjual US$6,7 Juta
Seorang model berpose dengan berlian 'Farnese Biru' di rumah lelang Sotheby, di London, Inggris, (Foto: voa)

INILAHCOM , Jenewa--Berlian biru Farnese, yang diwariskan turun-temurun di kalangan keluarga kerajaan Eropa selama 300 tahun, terjual pada pelelangan di Jenewa seharga 6,7 juta Swiss franc (US$6,7 juta), pada Selasa (15/5), Reuters melaporkan.

Harga ini melampaui estimasi para juru lelang Sothebys, yang memperkirakan intan itu akan terjual seharga US$3,5-US$5 juta.

Intan berwarna biru-abu gelap 6,16 karat dari tambang berlian Golconda di India, pertama kali diberikan kepada Elisabeth Farnese, putri dari Duke of Parma pada 1715, ketika Elisabeth menikah dengan Philip V dari Spanyol.

Berlian itu kemudian diwariskan selama lebih dari tujuh generasi. Dan ketika keturunan mereka menikah dengan keluarga-keluarga kerajaan Eropa lainnya, berlian itu pun turut mengembara mulai dari Spanyol hingga Perancis, Italia dan Austria.

Dua perhiasan lainnya pada pelelangan itu juga terjual dengan harga lebih tinggi dari harga perkiraan. Cincin intan berbentuk oval dengan berat 50,39 karat terjual seharga 8,1 juta Swiss franc, sedangkan perhiasan berlian lainnya 51,71 karat terjual seharga 9,26 juta Swiss franc. [voa/lat]

#berlian # US$6,7Juta
BERITA TERKAIT
(Skandal 1MDB) Goldman Sachs Tolak Tuntutan Pidana Malaysia
Paus Kecam Pihak yang Salahkan Migran
Raja Salman Perpanjang Tunjangan Warga Saudi
China Tindas Muslim Uighur
Ini Cara Rusia Bantu Menangkan Trump di Pilpres
Jerman Ganti Rugi Anak-anak Penyintas Holokos
Tunggu AS, Turki Bersiap Serang Kurdi di Suriah

ke atas