NASIONAL

Kamis, 17 Mei 2018 | 21:14 WIB

KIPP Minta PSI Hormati Proses Hukum

Agus Irawan
KIPP Minta PSI Hormati Proses Hukum
Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, Kaka Suminta (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara resmi melaporkan dua orang pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke Bareskrim Polri.

Menanggapi hal tersebut Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, Kaka Suminta mengatakan pihaknya mendukung upaya penegakkan hukum Bawaslu terhadap PSI.

"Dalam sistem hukum kita kesalahan pidana individual tak memengaruhi tahapan pemilu maupun parpolnya jadi itu proses pidana biasa," kata Kaka saat dihubungi INILAHCOM, Kamis (17/5/2018).

Kaka menyebutkan, semua pihak perlu menghormati penegakan hukum jika Bawaslu melaporkan ke pihak kepolisian.

"Kita perlu menghormati proses hukum yang akan berjalan soal kasus petinggi PSI ini. Semua pihak perlu menghormati penegakan hukum jika bawaslu melaporkan ke pihak kepolisian," tegasnya.

Dia mengungkapkan hal ini merupakan ujian bagi semua pihak untuk memberi ruang bagi penegakan hukum tanpa diwarnai unsur apalagi tekanan politis. Di sisi lain juga menjadi pembelajaran untuk semua pihak.

"Harus diingat juga jangan sampai kita berlebihan dalam menyorot kasus ini agar tidak malah merugikan atau menguntungkan secara politis pihak- pihak tertentu," tegasnya. [ton]

#Pilpres2019 #Jokowi
BERITA TERKAIT
Jokowi Belum Rencanakan Bertemu Ahok
Jumat, Moderator Debat Kedua Ditetapkan
72 Tahun Megawati, Jokowi Sampaikan Doa
Jokowi-JK Hadiri HUT ke-72 Tahun Megawati
KPU Bakal Ganti Penanda Waktu dengan Lampu
Keluarga Ingin Ba`asyir Bebas: Beliau Sudah Tua
BPN Prabowo-Sandi Usulkan Debat Kedua Tarung Bebas

ke atas