MOZAIK

Senin, 21 Mei 2018 | 14:00 WIB

Dahulukan Mandi Junub atau Sahur Dulu?

Dahulukan Mandi Junub atau Sahur Dulu?
(Foto: Ilustrasi)

KETIKA ada orang junub bangun tidur di penghujung malam, dia berada dalam keadaan harus memilih antara mandi dan sahur, apa yang harus didahulukan?

Dari penjelasan artikel sebelumnya, kita punya kesimpulan bahwa mandi junub tidak harus dilakukan sebelum subuh. Orang boleh mandi junub setelah subuh, dan puasanya tetap sah. Sementara sahur, batas terakhirnya adalah subuh. Seseorang tidak boleh sahur setelah masuk waktu subuh.

Dengan menimbang hal ini, seseorang memungkinkan untuk menunda mandi dan tidak mungkin menunda sahur. Karena itu, yang mungkin dia lakukan adalah mendahulukan sahur dan menunda mandi.

Hanya saja, sebelum makan sahur, dianjurkan agar berwudhu terlebih dahulu. Sebagaimana keterangan dari Aisyah radhiallahu anha, beliau mengatakan,

Apabila Nabi shallallahu alaihi wa sallam berada dalam kondisi junub, kemudian beliau ingin makan atau tidur, beliau berwudhu sebagaimana wudhu ketika hendak salat. (HR Muslim 305).

Perhatikan, jangan sampai kondisi junub ketika puasa membuat anda meninggalkan salat subuh, disebabkan malas mandi. Karena meninggalkan salat adalah dosa yang sangat besar. Sebelum salat, mandi dulu, karena ini syarat sah salat.

Allah berfirman,

Jika kalian dalam keadaan junub, bersucilah.. (QS Al-Maidah: 6)

Demikian, semoga bermanfaat. Allahu alam. [Ustaz Ammi Nur Baits]

#Puasa #Sahur #Junub
BERITA TERKAIT
Haruskah Istri Takut kepada Suami?
Seseorang Bersama dengan yang Dicintainya
Sembilan Hubungan Terlarang Pria dan Wanita
Hati Ingin Nyaman Bersama Orang Lain? Ini Caranya
Ilmu Menghadirkan Takut Kepada Allah
Indahnya Islam, Hal Kecil yang Berfaidah Besar
Palestina, Syair Getirku

kembali ke atas