TEKNOLOGI

Senin, 21 Mei 2018 | 11:00 WIB

Trashpresso Ubah Sampah Plastik Jadi Ubin

Trashpresso Ubah Sampah Plastik Jadi Ubin
(ist)
INILAHCOM, Taipei - Bagi arsitek yang juga pengusaha asal Taiwan, Arthur Huang, sumber uang yang potensial bukanlah saham atau Bitcoin, tapi dari tempat sampahnya sendiri.

Inovasi mesin bertenaga surya miliknya, Trashpresso, mampu mengubah sampah plastik menjadi bahan yang digunakan untuk membuat dinding dan ubin.

Trashpresso ditempatkan dalam truk kontainer sepanjang 12 meter. Mesin ini bisa dibawa ke lokasi-lokasi terpencil yang membutuhkan pembersihan.

Setelah dibuka di lokasi tujuan, mesin ini bisa mencuci, mencabik-cabik, melelehkan, serta mencetak plastik dan sampah pabrik menjadi lapisan ubin atau dinding.

Miniwiz, perusahaan milik Huang yang menjadi produsen Trashpresso, mengatakan bahwa bahan tersebut cocok untuk digunakan sebagai ubin di dalam maupun luar ruangan. Lima botol plastik setara dengan satu ubin.

Trashpresso mampu memproduksi ubin seluas 10 meter persegi setiap 40 menit.

"Mesin ini merupakan prototipe dari teknologi daur ulang di masa depan," ujar Huang, seperti dilansir National Geographic.


Sejauh ini, perusahaan milik pria 40 tahun ini telah membuat dua mesin Trashpresso. Mesin tersebut diangkut ke beberapa lokasi pedalaman seperti Yushu, kota kecil di dataran tinggi Tibet.



Tidak peduli ke mana pun Trashpresso pergi, selalu ditemukan banyak plastik untuk dicabik dan dipadatkan. Begitu pula di Yushu.

Kota kecil pun memiliki masalah plastik yang sama persis dengan kota-kota besar, papar Huamg.

Botol minum dan sampah lain, yang biasanya dibawa pengunjung, terdampar di sungai, dan akhirnya ke lautan.

Sejak 2005, Miniwiz telah mengubah sampah plastik menjadi mebel, aksesoris, bangunan, bahkan pesawat kecil. Ini membuat banyak orang berpikir bahwa plastik kemasan bisa menjadi komoditas yang berharga.

Huang membayangkan sebuah jaringan di mana pabrik pengolahan sampah bisa menghasilkan ide dan produk baru. Perusahaannya, Miniwiz, berfokus pada pola tersebut.

#Trashpresso #Miniwiz #ArthurHuang #Taiwan
BERITA TERKAIT
Google Rombak Tampilan Desain Gmail
Pesan Tiket Bus Antarkota Bisa Melalui Traveloka
Axis Bronet 4G Owsem Manjakan Pecinta Game & Musik
GIIAS Makassar 2018 Siap Hadirkan yang Terbaik
Anekdot Seputar Internet Era 2000-an
Google Play Tawarkan Opsi Jaringan untuk Mengunduh
Game Diablo 3 Resmi Hadir untuk Nintendo Switch

ke atas