EKONOMI

Rabu, 30 Mei 2018 | 01:29 WIB

Irigasi Minimalis, Langkat Tetap Swasembada Beras

Irigasi Minimalis, Langkat Tetap Swasembada Beras
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Langkat - Mungkin tak banyak yang tahu, sawah di Kabupateng Langkat, Sumetera Utara yang teraskes irigasi hanya 25%. Meski kecil, daerah ini mampu berswasembada beras tiap tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat Nasiruddin di Stabat, Sumatera Utara, Selasa (29/5/2018).

Nasiruddin menjelaskan, Pemkab Langkat, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bertekad untuk terus mewujudkan swasembada pangan (beras) secara berkelanjutan. Hal ini menjadi prioritas karena pangan merupakan kebutuhann dasar manusia.

"Saat ini Pemkab telah berhasil mewujudkan swasembada pangan pada beras secara berkelanjutan. Bahkan akan terus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pangan asal tumbuhan sebagai prioritas utama didalam pembangunan daerah," kata Nasiruddin.

Kabupetan Langkat berpeluang menggejot produksi gabah, apabila sarana irigasi di lahan persawahan tadah hujan, seluas 25.965 hektar bisa dibangun seluruhnya.

Di mana, luas lahan sawah beririgasi sangat kecil, hanya 8.912 hektar dari seluruh luasan sawah di Kabupaten Langkat yaitu 35.582 hektar. Meskipun demikian, terus dilakukan upaya melalui dana APBD maupun APBN untuk menyediakan dan meningkatkan pangan tumbuhan ini.

Pemkab dibantu TNI, melalui Kodim 0203 Langkat bertekad untuk mensukseskan program Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, yakni terwujudnya swasembada pangan. [tar]

#PemkabLangkat #SwasembadaBeras #InfrastrukturPertan
BERITA TERKAIT
(Berorientasi Ekspor) Industri Perhiasan Dibidik Tumbuh 5%
(Blusukan ke Garut) Jokowi Sambangi Pertashop Masuk Desa
Forkom Koperasi Sambangi Pengungsi Tsunami Sulteng
Tahun Lalu J&T Sudah Naikan Ongkir
Penyumbang Inflasi Januari Adalah Sektor Pangan
Harga BBM Non Subsidi Naga-naganya Dihitung Ulang
Hero Tutup, Darmin Sebut Bukan Karena Daya Beli

ke atas