MOZAIK

Kamis, 31 Mei 2018 | 12:00 WIB

Mereguk Nikmat Ramadan bersama Alquran

Mereguk Nikmat Ramadan bersama Alquran
(Foto: Ilustrasi)

RAMADAN disamping bulan untuk berpuasa dan qiamullayl diapun merupakan bulannya Al-Quran, padanya Allah azza wa jalla turunkan Al-Quran dan pada bulan ini pula Rasulullh shalallahu alaihi wasallam saling memperdengarkan Al-Quran bersama Jibril alaihis salaam.

Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah orang yang sangat dermawan dengan kebaikan terlebih pada bulan Ramadhan karena Jibril senantiasa menemui beliau tiap malam pada bulan Ramdhan hingga Ramadhan usai untuk memperdengarkan Al-quran kepada Jibril, dan saat Jibril menemui beliau, beliau lebih dermawan dibanding angin yang bertiup. [HR Bukhari no. 1902 Muslim no. 2308].

Maka sebuah anugrah yang amat besar tentunya, apabila pada bulan yang agung ini Allah azza wa jalla berkenan memberikan taufiq kepada kita untuk bisa maksimal membaca serta menghafal Al-Quran sebagai bentuk sikap tauladan kita kepada Nabi kita.

Saudaraku seiman, ketahuilah diantara kebaikan yang akan engkau peroleh dari kebaikan yang sangat banyak dalam Al-quran yaitu gelar sebagai manusia terbaik dan mulia akan engkau sandang. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

Sebaik baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. [HR. Bukhari no. 5027].

Sungguh tidak ada yang sia-sia darimu ketika engkau bermuamalah dan berinteraksi dengan Al-Quran, baik tatkala membacanya, terlebih ketika menghafal ayat-ayatnya, itu semua akan terhitung sebagai pahala di sisi Allah azza wa jalla, baik ketika engkau kesulitan dalam melafalkannya terlebih apabila engkau lancar membacanya. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

Orang yang pandai membaca alquran dia akan bersama para malaikat-malaikat mulia, adapun yang masih tebata-bata dan masih merasakan susah dalam membacanya maka untuknya dua pahala. [HR. Muslim no. 798].

[baca lanjutan: Kedudukan Mulia Orangtua karena Alquran]

#Ramadhan2018 #Alquran #Mengaji #Amal #Pahala
BERITA TERKAIT
Kontroversi Hukum Menyentuh Alquran Tanpa Berwudu
Enam Adab Membaca Alquran
Mengapa Kita Perlu Nikmat dan Manisnya Iman?
Roh Suci Itu Membubung ke Hadirat Ilahi
Seriuskah Anda Menjalani Hidup?
Adab Berdoa, Tidak Buru-buru dan Lalai
Kisah Abu Nawas: Tips Menyiasati Tukang Bohong

ke atas