MOZAIK

Jumat, 01 Juni 2018 | 07:00 WIB

Penghormatan Alquran: Turun dalam 3 Tahapan (1)

Penghormatan Alquran: Turun dalam 3 Tahapan (1)
(Foto: Ilustrasi)
MENURUT Jumhur Ulama arti Nuzulul Quran itu secara hakiki tidak cocok untuk Alquran sebagai kalam Allah yang berada pada dzat-Nya. Sebab, dengan memakai ungkapan diturunkan menghendaki adanya materi kalimat atau lafal atau tulisan huruf yang riil yang harus diturunkan.

Karena itu harus menggunakan arti majazi, yaitu menetapkan / memantapkan / memberitahukan /menyampaikan Alquran, baik di sampaikan Alquran itu ke Lauhil Mahfudz atau ke Baitul Izzah di langit dunia, maupun kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam.

Yang dimaksud dengan tahap-tahap turunnya Alquran ialah tertib dari fase-fase disampaikan kitab suci Alquran, mulai dari sisi Allah hingga langsung kepada Rasulullah, kitab suci ini tidak seperti kitab-kitab suci sebelumnya. Sebab kitab suci ini diturunkan secara bertahap, sehingga betul-betul menunjukkan kemukjizatannya.

Allah Ta'ala telah memberikan penghormatan kepada Alquran dengan membuat turunnya tiga tahap;


1. Tahap Pertama Turun Di Lauh Mahfudz

"Bahkan yang di dustakan itu ialah Alquran yang mulia, yang tersimpan di Lauhul Mahfudz." (QS Al-Buruj 21)

Wujudnya Alquran di Lauhu Mahfudz adalah dalam suatu cara dan tempat yang tidak bisa diketahui kecuali oleh Allah sendiri. Dalam Lauhul Mahfudz Alquran berupa kumpulan lengkap tidak terpisah-pisah.

Hikmah dari Tanazul tahap pertama ini adalah seperti hikmah dari eksistensi Lauhul Mahfudz itu sendiri dan fungsinya sebagai tempat catatan umum dari segala hal yang ditentukan dan diputuskan Allah dari segala makhluq alam dan semua kejadian. Dan membuktikan kebesaran kekuasaan Allah dan keluasaan ilmunya serta kekuatan kehendak dan kebijaksanaan-Nya

[baca lanjutan: Penghormatan Alquran dengan Turun dalam 3 Tahapan (2)]
#Ramadhan2018 #Alquran #Mengaji #NuzululQuran
BERITA TERKAIT
Alasan Kenapa Alquran Asli Ada di Lauhil Mahfudz
Tak Semua Hewan Bisa Dijadikan Kurban
Yang Dilakukan Suami Jika Istri Kelelahan
Tujuh Cara Ampuh Menghadapi Tukang Fitnah
Jangan Lupa Niat Jika akan Berkurban!
Membahayakan Orang Lain, Membahayakan Diri Sendiri
Ketika Amal tak Cukup Menerangi Alam Kubur

ke atas