NASIONAL

Kamis, 31 Mei 2018 | 15:26 WIB

Tanggapi Polemik Gaji BPIP, Mega Hanya Senyum

Ahmad Farhan Faris
Tanggapi Polemik Gaji BPIP, Mega Hanya Senyum
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah BPIP tidak mau pusing dengan polemik Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi pimpinan, pejabat dan pegawai BPIP.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mahfud MD usai bertemu dengan Ketua Umum PDIP tersebut.

"Saya berpikir ini politik, yang mau dihantam kan Bu Mega saya kira," kata Mahfud di Kompleks Istana, Kamis (31/5/2018).

Karena, Mahfud mengaku hanya sebagai Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila namun sering disebut-sebut sehingga tidak bisa dibiarkan alias didiamkan, maka harus dijelaskan kepada publik.

Sedangkan, kata Mahfud, Megawati ternyata tidak mudah terpancing emosinya dengan kisruh gaji BPIP yang mencapai ratusan juta rupiah terlebih Mega disebut menerima sekitar Rp112 juta.

"Wah saya enggak bisa nih, harus saya lawan. Kalau urusan politik, Bu Mega senyum-senyum aja kemarin. Sudah lah biarin aja begitu-begitu, dia kemarin begitu waktu saya ketemu," ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden RI Nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Pemimpin, Pejabat dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Perpres 42/2018 ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi tanggal 23 Mei 2018 dan diundangkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Disitu tertulis gaji Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah BPIP mendapatkan hak keuangan atau gaji Rp 112.548.000 perbulan. Kemudian, Anggota Dewan Pengarah BPIP masing-masing mendapatkan Rp 100.811.000 perbulan.

Anggota Dewan Pengarah BPIP di antaranya Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Maruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangor dan Wisnu Bawa Tenaya.

Sedangkan, Kepala BPIP Yudi Latif mendapatkan Rp 76.500.000. Selanjutnya, Wakil Kepala BPIP mendapatkan Rp 63.750.000. Kemudian, Deputi mendapatkan Rp 51.000.000 dan Staf Khusus Rp 36.500.000.

Selain menerima gaji bulanan, Perpres 42/2018 juga mengatur para pimpinan, pejabat dan pegawai BPIP mendapatkan fasilitas lainnya berupa biaya perjalanan dinas. [ton]

#GajiAnggotaBPIP
BERITA TERKAIT
Sandi Ajak TIDAR Ikut Suarakan Kebenaran
Pita Kejut di Cipali Tunggu Rekomendasi Polri
Pilot Laporkan 25 Balon Udara di Jalur Penerbangan
Capim KPK, Prasetyo Cari Jaksa Track Record Bagus
Polisi Dalami Kasus Dirut KBN
KPK Siap Dalami Laporan Dugaan Korupsi KBN
Proyek Fiktif, Dirut Jasa Marga Bisa Diperiksa KPK

kembali ke atas