NASIONAL

Selasa, 05 Juni 2018 | 14:11 WIB

Kapolri Ibaratkan Terorisme Seperti Virus

Muhammad Yusuf Agam
Kapolri Ibaratkan Terorisme Seperti Virus
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan terorisme diibaratkan seperti virus yang bisa kapan saja menular ke orang lain. Ideologi dari para teroris sudah seperti penyakit

"Ideologi Teroris ini sama saja seperti virus, bisa menyasar siapa saja. Bisa menyasar semua kalangan sama seperti narkoba. Narkoba itu kan dari bawah sampai atas pun juga ada yang kena. Nah sama dengan ideologi teroris ini juga begitu," kata Tito di Mabes Polri, Selasa (5/6/2018).

Tito mengatakan hal tersebut berkaca dari penangkapan teroris di Universitas Riau beberapa waktu lalu. Pelaku notabene merupakan alumni mahasiswa Unri.

"Bisa mulai dari yang bawah, bisa mulai dari masyarakat umum, satu keluarga seperti di Surabaya maupun mahasiswa, bahkan polisi juga, kasus (polisi) di Jambi sudah terpapar juga ideologi itu," ujar Tito.

Oleh karena itu, Tito mengatakan pemerintah serius untuk menyelesaikan permasalahan ini hingga ke akar-akarnya. Menurut dia, aksi teror yang sudah terjadi adalah puncak gunung es, sementara ideologinya masih terus mengalir dibawahnya.

"Akar masalah ini harus dilakukan dengan langkah-lanfkah khusus, tidak bisa dihadapi dengan senjata. Tapi ideologi harus ditutup dengan ideologi yang lain," jelas Tito.

"Termasuk ormas-ormas juga perlu untuk kita kerja bersama-sama. Ini harus diorganisir dalam rencana aksi nasional untuk membendung dan menetralisir ideologi radikal," imbuh Tito. [rok]

#Teroris
BERITA TERKAIT
Densus 88 Bekuk Teroris Jaringan Pak Jenggot
Densus 88 Pastikan Pak Jenggot Terafiliasi ISIS
Ditangkap di Gresik, Densus Pastikan AS Bagian JAD
Teroris di Gresik, Tetangga Sebut AS Tertutup
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Gresik
Ancaman Terorisme Jelang 22 Mei, Ini Imbauan Polri
Dalam 5 Bulan, Densus 88 Tangkap 68 Teroris

kembali ke atas