NASIONAL

Rabu, 06 Juni 2018 | 12:39 WIB

Kiai Idris Sebar Maklumat Dukung Gus Ipul

Kiai Idris Sebar Maklumat Dukung Gus Ipul
(Foto: beritajatim)
INILAHCOM, Pasuruan - Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah dan Bayt Al Hikmah Pasuruan KH M Idris Hamid mengeluarkan sebuah maklumat terkait pemilihan gubernur mendatang.

Isinya, Kiai Idris Hamid berpesan untuk memilih Calon Gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) pada Pilgub 27 Juni 2018 mendatang.

"Semua alumni, keluarga santri putra dan putri Salafiyah dan Bayt Al Hikmah harus tetap merapatkan dukungan kepada Drs H Saifullah Yusuf," begitu bunyi petikan maklumat yang dia bacakan.

Selain intruksi tersebut, di dalam tujuh poin maklumat tersebut, Kiai Idris juga menginstruksikan para alumni menjadi relawan pemenangan Gus Ipul.

"Semua alumni berperan menggerakkan masyarakat di lingkungannya untuk memenangkan Drs H Saifullah Yusuf," bunyi salah satu petikan di dalam maklumat ini.


Kiai Idris Hamid melalui maklumat tersebut memberikan alasan kewajiban para santri maupun alumni untuk memilih Gus Ipul. Di antaranya, pentingnya mematuhi dan melaksanakan istikhororoh dan ijtihad politik jumhur (mayoritas) ulama.

"Semua alumni memantabkan niat mengikuti jumhur ulama Jawa Timur untuk memenangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Gubernur Jawa Timur," ujarnya masih di dalam maklumat dukungan ini.

Maklumat ini sebenarnya telah dia tandatangani dan dikeluarkan sejak 28 Mei. Namun untuk memantapkan dan agar maklumat ini dijalankan, maka KH Idris Hamid juga memfotokopi maklumat tersebut dan dibagikan pada belasan ribu jemaah yang hadir pada Khotmil Alquran menyambut 10 hari terakhir Ramadan, Selasa (5/6/2018) malam.

Gus Ipul turut hadir pada acara yang juga dihadiri para kiai sepuh dan habaib ini. "Intruksi ini bisa disebarkan kepada masyarakat umum," tegas Kiai Idris.

Langkah Kiai Idris Hamid mengeluarkan maklumat ini menyusul beberapa ulama sebelumnya. Pengasuh pesantren Sidogiri Pasuran, KH Ahmad Nawawi Abdul Djalil dan pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong-Probolinggo, KH Hasan Mutawakil Alallah juga telah mengeluarkan maklumat serupa.

Maklumat ulama ini menjadi bentuk keseriusan ulama mencalonkan Gus Ipul di pilgub mendatang. Selain mendorong Gus Ipul untuk maju di pilkada, para ulama juga menginstruksikan para santri ikut serta mengawal kemenangan dan menjadi relawan pada pemungutan suara, 27 Juni 2018 mendatang. [beritajatim]
#GusIpul
BERITA TERKAIT
Dua Anak Puti Harap Pariwisata Jatim Dimaksimalkan
Gus Ipul: Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur
Doakan Khusus Gus Ipul di Salat Tarawih Terakhir
Risma Bakal Turun Gunung Menangkan Gus Ipul-Puti
Ini Penilaian Risma untuk Gus Ipul-Puti
Anak Cawagub Puti Ajak Warga Jaga Kebersihan Bromo
Sesepuh Muhammadiyah Jombang Beri Nasehat ke Puti

ke atas