MOZAIK

Sabtu, 09 Juni 2018 | 00:08 WIB

Uang Logam Madura

KH Ahmad Imam Mawardi
Uang Logam Madura
(Foto: ilustrasi)
ORANG Madura itu adalah orang yang pantang menyembunyikan identitas, simbol diri, dan ekspressi diri. Ini adalah ciri khas yang turun-menurun sejak dulu. Sangat mudah untuk mengidentifikasi orang Madura. Cukup lakukan 3 hal saja, kita pasti tahu apakah dia orang Madura apa bukan.

Malam ini saya buka bersama di rumah dinas Kepala Bank Indonesia. Beliau bercerita tentang sejarah uang. Menurut beliau, Kesultanan Sumenep itu luar biasa, memiliki uang logam sendiri, uang logam Madura. Saya serius mendengarkannya, memiringkan kepala demi menghormati nama Sumenep disebut.

Menariknya, lanjut beliau, uang logam itu bercap timbul bahasa Arab. Saya menyela bahwa itu adalah indikasi Madura sebagai pulau yang fanatik agama. Tak salah banyak orang menggelarinya sebagai serambi Madinah. Pak Kepala BI melanjutkan bahwa menariknya lagi adalah uang logam itu berlambang tiang salib di bagian tengahnya. Waduh, saya terdiam sejenak. Serambi Madinah masa uangnya mengandung simbol salib?


Setelah diteliti, ditemukanlah penyebabnya. Yaitu bahwa uang logam Madura itu adalah dari uang koin milik Portugis yang distempeli tulisan Arab untuk menjadi uang logam Madura.

Ada dua poin penting: pertama, pola hubungan internasional sudah dikenal lama oleh tokoh-tokoh Madura lama. Bagaimana dengan tokoh Madura kini?; kedua, orang Madura menghargai tradisi oeang lain, tak main hapus sembarangan. Toleransi orang Madura aslinya adalah luar biasa. Bagaimana dengan kini?

Kisah masih panjang, tapi tangan mulai ingin santai. Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Bagian Mana yang Paling Kita Perhatikan?
Itu Buah Doamu, Terimalah dengan Lapang Dada
Selesaikan Urusan Sendiri, Baru Masalah Orang Lain
Pelajaran Berharga dari Penjahit tentang Kehidupan
Pelajaran dari Penjual Sate tentang Kebahagiaan
Wisata Kuburan dan Kuburan Wisata di Selandia Baru
Masa pun Berputar, Keadaan pun Berganti

ke atas