PASAR MODAL

Rabu, 06 Juni 2018 | 17:32 WIB

Saham Komoditas dan Energi Genjot Bursa Sydney

Saham Komoditas dan Energi Genjot Bursa Sydney
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sydney - Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (6/6/2018), dengan dukungan komoditas-komoditas dan saham-saham energi memimpin kenaikan di seluruh sektor untuk melepaskan diri dari prospek negatif.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 30,2 poin atau 0,5 persen menjadi 6.025,1 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 28,9 poin atau 0,47 persen menjadi 6.137,4 poin.

Kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy, mengatakan bahwa kinerja kuat di pasar lokal terlepas dari prospek negatif dan tampaknya akan terus menjadi tren. Kemarin, investor Australia menghadapi prospek positif dan pasar jatuh. Hari ini kita telah melihat kebalikannya.

Salah satu faktor kunci tampaknya adalah dukungan untuk komoditas-komoditas, dan khususnya kenaikan harga minyak dan tembaga dalam perdagangan semalam telah dimasukkan ke dalam aktivitas pasar saham di Australia.

Sektor energi berkinerja terbaik hari ini diikuti oleh saham-saham material membantu memimpin kenaikan di seluruh papan, bahkan ketika sektor keuangan tetap di bawah tekanan di tengah penyelidikan komisi kerajaan, kata McCarthy.

Ada beberapa kekhawatiran, salah satu fitur perdagangan minggu ini adalah volume rendah, sekali lagi total omset di bursa jauh di bawah rata-rata. Jadi beberapa kekhawatiran bahwa tidak ada komitmen yang besar pada level saat ini, tetapi tetap saja hasilnya positif dan penting dari sudut pandang perdagangan bahwa pasar telah kembali ke atas level penting 6.000 poin.

Bank-bank besar berakhir turun, dengan ANZ melemah 0,45 persen, Commonwealth Bank jatuh 1,56 persen, National Australia Bank merosot 1,12 persen dan Westpac kehilangan 0,83 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 1,65 persen dan saingannya Rio Tinto naik 2,48 persen. Fortescue Metals bertambah 1,16 persen, Oil Search melonjak 2,7 persen, Woodside Petroleum meningkat 2,78 persen serta raksasa minyak dan gas Santos naik 2,48 persen.

Jaringan supermarket Woolworths dan rivalnya Wesfarmers, keduanya berakhir naik 0,91 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas naik 1,5 persen dan kelompok biomedis CSL bertambah 1,49 persen. [tar]

#BursaSaham #Australia #ASX
BERITA TERKAIT
Bursa Saham Eropa dalam Tekanan
IHSG Coba Kurangi Pelemahan Jadi 0,2% ke 6.359
Inilah Pemicu Kejatuhan Harga Saham CPIN dan JPFA
Bursa Saham Asia Memerah
Harga Emas Berjangka Berakhir Naik
Harga Minyak Mentah Jatuh
Dolar AS Berada di Rekor Tertinggi

kembali ke atas