MOZAIK

Jumat, 08 Juni 2018 | 16:00 WIB

Dua Mata yang tidak Disentuh Api Neraka

Dua Mata yang tidak Disentuh Api Neraka
(Foto: Ilustrasi)
DARI Ibnu Abbas Radhiallahu 'Anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ada dua mata yang tidak akan disentuh api neraka. (Yaitu) mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang terjaga dalam keadaan berjaga-jaga fisabilillah". (HR. At-Tirmidzi No. 1639, Beliau mengatakan: hasan. Disahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Inilah tangisan orang-orang yang bartobat, yang takut terhadap siksa-Nya dan ke-Maha Kuasaan-Nya. Imam Al-Munawi Rahimahullah mengatakan: "Yaitu rasa takut terhadap siksa-Nya atau kehebatan keagungan-Nya. (At-Taisir, 2/293)


Syaikh Abul 'Ala Al-Mubarakfuri Rahimahullah menjelaskan: "Ini adalah kedudukan orang-orang yang berjihad, bersama orang-orang yang bertobat dari maksiatnya, sama saja apakah dia seorang berilmu atau bukan". (Tuhfah Al-Ahwadzi, 5/221)

Dari Abu Umamah Radhiallahu 'Anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Tidak ada suatu apa pun yang lebih Allah cintai dibandingkan dua tetes dan dua bekas: ada pun dua tetes yaitu tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetes-tetas darah fisabilillah. Sedangkan, dua bekas adalah bekas-bekas saat jihad fisabilillah dan bekas dari menjalankan kewajiban". (HR. At-Tirmidzi No. 1669, katanya: hasan gharib. Ath-Thabarani dalam Al-Kabir, No. 7918. Dishahihkan oleh Imam As-Suyuthi, Al-Jaami' Ash-Shaghiir No. 7600. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Wallahu A'lam. [Ustaz Farid Nu'man Hasan]
#Takwa #Neraka
BERITA TERKAIT
Salat Berjemaah 40 Hari Terbebas dari Api Neraka
Untung dan Rugi
Antara Api dan Abu Cinta
Kecantikan Istri yang Melebihi Bidadari Surgawi
Beraninya Langgar Perkataan Rasulullah!
Bertobatlah bagi Para Pengingkar Sunah!
Membonceng Nenek-nenek Bukan Muhrim Dilarang

ke atas