MOZAIK

Jumat, 08 Juni 2018 | 16:00 WIB

Dua Mata yang tidak Disentuh Api Neraka

Dua Mata yang tidak Disentuh Api Neraka
(Foto: Ilustrasi)
DARI Ibnu Abbas Radhiallahu 'Anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ada dua mata yang tidak akan disentuh api neraka. (Yaitu) mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang terjaga dalam keadaan berjaga-jaga fisabilillah". (HR. At-Tirmidzi No. 1639, Beliau mengatakan: hasan. Disahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Inilah tangisan orang-orang yang bartobat, yang takut terhadap siksa-Nya dan ke-Maha Kuasaan-Nya. Imam Al-Munawi Rahimahullah mengatakan: "Yaitu rasa takut terhadap siksa-Nya atau kehebatan keagungan-Nya. (At-Taisir, 2/293)


Syaikh Abul 'Ala Al-Mubarakfuri Rahimahullah menjelaskan: "Ini adalah kedudukan orang-orang yang berjihad, bersama orang-orang yang bertobat dari maksiatnya, sama saja apakah dia seorang berilmu atau bukan". (Tuhfah Al-Ahwadzi, 5/221)

Dari Abu Umamah Radhiallahu 'Anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Tidak ada suatu apa pun yang lebih Allah cintai dibandingkan dua tetes dan dua bekas: ada pun dua tetes yaitu tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetes-tetas darah fisabilillah. Sedangkan, dua bekas adalah bekas-bekas saat jihad fisabilillah dan bekas dari menjalankan kewajiban". (HR. At-Tirmidzi No. 1669, katanya: hasan gharib. Ath-Thabarani dalam Al-Kabir, No. 7918. Dishahihkan oleh Imam As-Suyuthi, Al-Jaami' Ash-Shaghiir No. 7600. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Wallahu A'lam. [Ustaz Farid Nu'man Hasan]
#Takwa #Neraka
BERITA TERKAIT
Keutamaan Bertawakal Bagi Seorang Muslim
11 Fakta dan Keuntungan Orang Bertakwa
Kalau Ajal Sudah Tiba
Orang-orang yang Terbebas Dari Pertanyaan Kubur
Metode Mencari Calon Istri Religius
Tak Ada Kezaliman di Hari Perhitungan Amal
Awas! Thiyarah Bisa Antarkan kepada Kesyirikan

ke atas