RAMADHAN

Jumat, 08 Juni 2018 | 17:42 WIB

H-8, Uang Penukaran BI Hampir Ludes

Indra Hendriana
H-8, Uang Penukaran BI Hampir Ludes #Kurma
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi (kerudung merah) (Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi mengatakan pada Lebaran 1439 Hijriah ini pihaknya mengantisipasi adanya kenaikan kebutuhan penukaran uang tunai.

Untuk kali ini kami naikan 15,3%. Jadi dari tahun lalu sebanyak Rp163,2 triliun, sekarang menjadi Rp188,2 triliun. kami naikan lebih banyak daripada biasanya. Karena antisipasi libur yang panjang, kata Rosmaya di Kantornya, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Penambahan ini juga karena ada kenaikan tunjangan untuk hari raya Aparatur Sipil Negara (ASN). Tentu, dalam pendistribusian pihaknya memiliki beberapa strategi.


Jadi dalam strategi internal BI, kami bersama sama seluruh kantor cabang BI. Sedangkan startegi eksternalnya gimana? Kami kerja sama dengan perbankan, kami kolaborasi dengan perbankan, kata dia.

Meski sudah menaikkan jumlah dana yang siap ditukarkan, namun pihaknya mencatatkan realisasi penukaran uang sejak layanan dibuka pada 14 Mei hingga 8 Juni 2018 mencapai Rp187,8 triliun.

Menurut Rosmaya, realisasi tersebut hampir mencapai pasokan uang tunai yang disediakan Bank Sentral untuk penukaran pada Lebaran 2018 sebesar Rp188,2 triliun. Posisi hingga H-8 ini mencapai Rp187,8 triliun. Realisasi ini berarti hebat sekali, kata dia.

Program penukaran uang ini dilakukan dengan kerja sama BI bersama 14 bank lainnya, baik BUMN maupun swasta. Bank tersebut adalah BNI, Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, BNI Syariah, Maybank, BRI Syariah, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, BTN, Bank BJB, Bank DKI, dan BCA. [hid]
#Lebaran2018 #PenukaranUang #BI
BERITA TERKAIT
Polda: Belum Ada Info Pidato Anies Malam Lebaran
THR Jaman Now Bisa Ganggu Pembangunan Daerah
(3 Hari Jelang Lebaran) Harga Kebutuhan Pokok Ini Tercatat Naik Terus
(Mudik Jalur Selatan) Rekayasa Lalin Disiapkan Antisipasi Puncak Mudik
Puluhan Ribu Pemudik Motor Padati jalur Pantura
Jelang Puncak Mudik, Exit Tol Merak Macet 2,5 Km
Dini hari, Pemudik Motor Penuhi Jalan Kalimalang

ke atas