GAYA HIDUP

Sabtu, 09 Juni 2018 | 15:15 WIB
(Jaga Kesehatan)

Menkes: Lebih Baik Setelah Lebaran Berpuasa

Mia Umi Kartikawati
Menkes: Lebih Baik Setelah Lebaran Berpuasa
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah merayakan Hari Lebaran, banyak orang mengeluhkan penyakit. Menurut Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, kondisi ini karena terlalu banyak konsumsi makanan lezat.

"Biasanya, penyakit setelah lebaran kolesterol naik. Berat badan naik dari yang puasa turun 2 kilo abis lebaran naik 5 kilo," papar Menkes Nila F Moeloek, Jakarta, Jumat, (08/06/2018).

Menkes menambahkan, menurut pantauannya, setelah lebaran yang juga meningkat adalah penyakit Diabetes Melitus (DM). Hal ini karena banyak orang yang menikmati segala makanan yang manis dan enak tersimpat di rumah.

"Itu yang enak pelan - pelan dimakan. Ketupat juga mengandung santan pasti membuat kolesterol kita naik. Saya pikir, puasa setelah Lebaran itu bagus juga. Habis lebaran langsun saja kita puasa syawal," tambahnya.

Masih menurutnya, untuk penyakit hipertensi juga terus meningkat. Kemudian penyakit diare juga kerap menjadi salah satu yang sering timbul setelah lebaran.

"Untuk anak - anak bisanya terkena ISPA (infeksi Saluran Pernapasan Atas). Ini karena anak - anak dibawa jalan - jalan bertemu banyak orang kemudian dia sakit pilek dan batuk. Kalau untuk menghindari diaere, makan secukupnya. Jangan makan banyak karena rakus makan. Tolong jangan lupa prinsip isi Piringku. Lihat piringnya seberapa, jangan langsung ambil makan menggunung," ungkapnya.(tka)

#setelah #lebaran #puasa #menkes #kesehatan #jaga
BERITA TERKAIT
Susunan Gigi Susu Sama dengan Gigi Dewasa?
Jangan Asal Pasang Kawat Gigi
Potensi Risiko Radiografis Bagi Kesehatan
Capaian Empat Tahun Kondisi Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Ibu dan Anak jadi Prioritas 2019
Sembilan Hal yang Dilakukan Bayi Setelah Lahir
Kenali Penyebab Muntah Darah

ke atas