MOZAIK

Selasa, 12 Juni 2018 | 00:02 WIB

Wisata Kuburan dan Kuburan Wisata di Selandia Baru

KH Ahmad Imam Mawardi
Wisata Kuburan dan Kuburan Wisata di Selandia Baru
(Foto: istimewa)
INDAH sekali pemakaman di Makara New Zealand ini. Kayak tempat wisata saja dan memang jadi tempat wisata. Di sebelah makam ada tempat mainan anak-anak juga. Ada kesan bahwa mayatpun butuh tempat yang indah, biar tidak stress (hahaa). Kalau di Indonesia, kuburan kan pasti beraura seram menakutkan. Apakah tempat mempengaruhi bahagia dan deritanya mayat? Belum saya wawancarai.

Pemakaman Makara ini dibagi perlokasi sesuai dengan agamanya masing-masing. Satu lokasi khusus untuk Katolik, satu lagi untuk Protestan. Ada juga untuk Kristen Ortodox Syiria, ada pula untuk Budha dan China. Yang untuk muslim ada juga. Menariknya untuk Syiah Muslim di bedakan dari yang Muslim Umum. Lihatlah di foto di bawah ini.


Mengapa dipisah-pisah? Dengan berkelakar, ustadz Farid yang mengantarkan saya berkata: "Agar malaikat gak bingung mengidentifikasinya." Teman satunya berkata: "Agar tidak bertengkar di alam kubur."

Hahaaa, masih adakah dendam kesumat dan permusuhan di alam kubur? Ataukah setiap yang dikubur itu sibuk dengan amalnya masing-masing yang dimintai pertanggungjawaban?

Yang menarik, ada kuburan yang di atasnya ada baling-baling listriknya yang adackabelnya ditanam ke dalam kuburan. Nah, yang ini untuk apa? Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Apakah Khatib Jumat ini Bukan Manusia?
Nasionalisme Orang Kampung, Nasionalisme Original
Sang Teladan, Tahu Diri dan Tahu Menempatkan Diri
Tahun Politik, Tahun Ketidakpastian?
Jalan Sukses, Lawan Keraguan, Mantapkan Keyakinan
Fokus Hari Ini: Jalani dan Nikmati
Banyak Jalan Menuju Roma

ke atas