GAYA HIDUP

Senin, 11 Juni 2018 | 16:20 WIB

Mudik, Tak Disarankan Gunakan Motor

Mia Umi Kartikawati
Mudik, Tak Disarankan Gunakan Motor
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tradisi mudik ke kampung halaman untuk bersama keluarga saat Lebaran memang sangat terasa pada seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun, alangkah baiknya jika mudik tidak menggunakan sepeda motor.

Menurut Ahmad Yurianto, Kepala Pusat Krisis Kesehatan, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru - baru ini menjelaskan, pada dasarnya, motor tidak didesain untuk membawa beban yang berlebihan. Saat menggunakan motor, hanya baik membawa dua orang.

"Boncengan lebih dari dua orang dan bawa barang. Motor tidak didesain untuk itu. Motor tidak didesain untuk kecepatan lebih 60 kilometer per jam," kata Ahmad.

Masih menurutnya, pengemudi motor juga akan lebih cepat lelah karena tidak nyaman membawa motor dan barang yang banyak. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya keadaan jalan yang tidak aman untuk dilalui menggunakan sepeda motor.

"Jalanan mungkin kelihatannya halus tapi bergelombang. Halus tapi ada beda tinggi antara jalan dan badan jalan. Tidak ada reflek yang cukup bagus untuk motor terutama saat menghadapi tantangan mendadak," tambahnya. (tka)

#mudik #tidak #aman #gunakan #motor #kesehatan #kecelaka
BERITA TERKAIT
(Kesehatan Anak Indonesia) 50 Persen Anak Tak Cuci Tangan dengan Baik
Masyarakat Indonesia Kurang Peduli Kesehatan
Tips Beri Dukungan Remaja Pasca Tragedi Bencana
Jaga Kesehatan Jika Ingin Traveling Musim Hujan
Tampil Cantik, Dewi Sandra Tidak Takut Tua
Perempuan Banyak di Kantor Alami Kulit Kering?
(Korban Gempa dan Tsunami Palu - Donggala) Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan

ke atas