GAYA HIDUP

Senin, 11 Juni 2018 | 17:22 WIB

Sebagian Besar Kecelakaan Mudik Menggunakan Motor

Mia Umi Kartikawati
Sebagian Besar Kecelakaan Mudik Menggunakan Motor
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kecelakaan terbesar saat mudik lebaran ke kampung halaman didominasi oleh pengguna motor.

Menurut Ahmad Yurianto, Kepala Pusat Krisis Kesehatan, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru - baru ini, menjelaskan, kecelakaan terjadi justru di luar jalan tol. Waktunya adalah pukul 09.00 hingga 12.00 siang.

"Tipikal kecelakaan tunggal karena pengemudi motor jalan sejak jam 05.00 subuh. Setelah jam 05.00 -06.00 sore lelah," papar Ahmad Yurianto.

Masih menurutnya, tempat yang paling banyak terjadi kecelakaan di Banyuwangi dan Situbondo sampai Probolinggo. Hal ini dipenuhi oleh tipikal pemudik dari Bali. Lalu mengarah ke Tuban. Hal ini terjadi karena jalan yang dilalui lebar namun bergelombang.

"Keadaan jalan tersebut sangat rawan bagi pengendara motor sering terjaji kecelaan tunggal. Kemudian di daerah Purworejo sampai Magelang jalurnya padat dan sempit," tambahnya.

Kecelakaan justru terjadi bukan di daerah yang rawat kemacetan. Ini terjadi karena jalanan yang lancar dan banyak pengendara motor.

"Perspektif kita bukan hanya kemacetan karena kecelakaan banyak yang di lokasi tidak macet. Dalam lima tahun terakhir paling banyak kecelakaan di jam 9.00-12.00 siang karena mereka start dari rumah habis Subuh. Jadi biasanya mereka mengantuk. Kurang tidur di malam hari. Jam-jam capek. Harusnya lebih dari empat jam tidur," ungkapnya.(tka)

#kecelakaan #mudik #gunakan #motor
BERITA TERKAIT
Kulit Tetap Sehat Meski Sering Berhias Wajah
AMA 2018, Cetak Model Berbakat
CTPS Pemutus Mata Rantai Sebaran Kuman
(Kesehatan Anak Indonesia) 50 Persen Anak Tak Cuci Tangan dengan Baik
AM IMF-WB 2018 Angkat Standar RI di MICE Dunia
Pasar Salamoeli Siapkan Atraksi untuk Gaet Wisman
Di ITB Asia, Kemenpar Gaungkan NTB Sudah Bangkit

ke atas