EKONOMI

Selasa, 12 Juni 2018 | 09:38 WIB

Menko Darmin Harap Inflasi Juni Tetap Rendah

M Fadil Djailani
Menko Darmin Harap Inflasi Juni Tetap Rendah
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tak mengkhawatirkan laju inflasi pada bulan Juni ini.

Meskipun berada di tengah-tengah bulan Ramadhan dan Lebaran dimana biasanya harga-harga kebutuhan masyarakat menjulang naik.

Dirinya lantas memprediksi bahwa laju inflasi bulan Juni ini akan kecil sekali berada di level 0,2% sampai 0,25% saja. "Maka inflasi bulan Juni ada di kisaran 0,2% hingga 0,25%," kata Darmin usai meninjau lokasi proyek MRT, di wilayah Senayan Jakarta, Senin (11/6/2018).

Namun Darmin memiliki satu syarat jika ingin laju inflasi dikisaran tersebut, yakni menjaga harga tiket transportasi khususnya tiket pesawat jelang Lebaran tetap terkendali dengan baik.

"Karena kalau pesawat gitu kan rate-nya berubah terus, sementara kalau inflasi dari angkutan darat masih bisa diperhatikan," kata Darmin.

Sementara untuk sektor pangan, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tidak terlau merisaukannya, lantaran dirinya mengklaim untuk Ramadhan hingga Lebaran ini tidak ada kenaikan harga bahan pokok yang berlebihan, semua masih dalam kenaikan yang wajar.

Hanya saja, ia masih mewaspadai dampak inflasi dari telur ayam yang harganya sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

"Harga pangan seperti beras masih baik, tapi dari bahan pangan yang sedikit mungkin akan naik yakni telur ayam," katanya.

#Inflasi #HETBeras #MenkoDarmin #Lebaran2018
BERITA TERKAIT
(Pertemuan IMF-World Bank) BI Klaim Sukses Jaga Inflasi 2018 di Level 3,4%
Di Acara IMF-WB, Darmin Banggakan Infrastruktur
Rupiah Makin Loyo, Darmin Cs Disarankan Mundur
Rupiah Babak Belur, Siap-siap Barang Makin Mahal
Perang Dagang AS-China Memanjang, Darmin Cemas
Beras Mulai Mahal, Sudah Waktunya Jokowi Bersikap
Rupiah Makin Anjlok, Kapan JKW Rombak Tim Ekonomi?

ke atas