DUNIA

Selasa, 12 Juni 2018 | 12:50 WIB

Hanya 38 Menit, Kim-Trump Bicara Empat Mata

Hanya 38 Menit, Kim-Trump Bicara Empat Mata
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan. (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Singapura--Pertemuan empat mata antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara berlangsung hanya 38 menit. Demikian BBC mengutip pernyataan Gedung Putih, Selasa (12/6/2018).

Jika kita juga menghitung waktu yang digunakan untuk penerjemahan, 38 menit untuk sebuah pertemuan bersejarah terasa begitu singkat.

Kim tiba di lokasi KTT pukul 08.55 (07.55 WIB), sekitar satu menit sebelum Trump tiba. Wartawan BBC Korea, Lee Minji mengunggah cuitan tentang 'tradisi' menghormati yang lebih tua dalam budaya Korea.

Lalu yang dinantikan terjadi, Trump muncul dan langsung berjabat tangan dengan Kim. Presiden Trump dengan dasi merah yang khas, sementara Kim dengan jas Mao warna hitam yang juga sangat khas.

Jabat tangan berlangsung 12 detik, lalu mereka, diiringi penerjemah masing-masing, beranjak ke ruangan lain dan bercakap-cakap.

Ini jelas salah satu jabat tangan paling dinanti dan dikenang dalam sejarah. Bahkan sebelum kedua pemimpin akhirnya benar-benar bertemu, sudah muncul penampakan yang tak terbayangkan: enam bendera Korea Utara yang berdampingan berselang-seling dengan enam bendera bintang dan garis AS.

Saat berjalan kaki menuju ruang makan, puluhan wartawan menanyai Donald Trump dan Kim Jong-un. Mereka berhenti sebentar untuk memberikan pernyataan singkat. Trump mengatakan bahwa pertemuan berlangsung dengan sangat baik, lebih baik dari yang ia perkirakan.

"Kami akan menandatangani) kesepakatan nanti," katanya sambil beranjak masuk ruang makan.

Dan tatkala waktu makan tiba, Trump dan Kim, yang sudah menghabiskan 38 menit bercakap empat mata--betapa menguras tenaga--bersiap di sekitar meja makan. Siaran televisi menunjukkan keduanya, dan rombongan sudah mengelilingi meja makan, namun masih berdiri.

Para politikus pun, juga para pemimpin terkuat dunia -atau paling kontroversial sejagat sekalipun, tetap perlu makan juga pada akhirnya.

Dan sekarang kita tahu, menu makan siang Kim Jongun dan Donald Trump beserta rombongan bukan sekadar hamburger atau hot dog atau kimchi belaka. Melainkan paduan antara hidangan barat dan Korea. Antara lain Daegu jorim, hidangan ikan tradisional Korea. [bbc/lat]

#ktt #trump #kim
BERITA TERKAIT
Korut dan Korsel Adakan KTT di Panmunjom
Diselidiki, Dugaan Trump Gelapkan Pajak
Surat Diduga Berisi Racun Risin Dikirim ke Trump
(Siap Bantu) Trump Sampaikan Belasungkawa pada Indonesia
Jerman Lepaskan Terpidana Serangan 911
Israel Tutup Sekolah Palestina di Tepi Barat
Polisi Turki Geledah Konsulat Saudi di Istanbul

ke atas