MOZAIK

Minggu, 17 Juni 2018 | 00:06 WIB

Bagian Mana yang Paling Kita Perhatikan?

KH Ahmad Imam Mawardi
Bagian Mana yang Paling Kita Perhatikan?
(Foto: Ilustrasi)
PERSEMBAHAN suatu hadiah pasti kita mempertimbangkan faktor kepada siapa kita akan memberikannya. Semakin mulia orang yang akan kita kasih maka semakin besar perhatian kita pada jenis hadiah itu. Pasti akan dicarikan bentuk terbaik, harga termahal dan model yang paling indah semaksimal mungkin. Pada bagian ini, saya yakin kita bersepakat.

Lukman al-Hakim berkata kepada puteranya: "Wahai anakku, manusia itu ada tiga bagian, 1/3 untuk Allah, 1/3 untuk dirinya, dan 1/3 untuk ulat. Sepertiga yang dipersembahkan untuh Allah adalah ruhnya, sepertiga yang untuk dirinya adalah amalnya, sementara sepertiga yang untuk ulat adalah jasadnya-- saat dikubur kelak."


Sahabatku dan saudaraku, mari kita merenung. Yang manakah dari tiga bagian itu yang paling mendapatkan perhatian kita? Yang untuk Allah, yang untuk diri kita apa yang untuk ulat? Begitu bahagianya ulat jika selama hidup di dunia ini kita fokus hanya pada penggemukan badan dan pengindahan tampilan fisik. Begitu menderitanya diri kita jika tak ada amal yang bisa menyertai kita saat kita mati kelak. Alangkah hinanya kita saat ruh yang memiliki nilai ketika kembali kepada Allah.

Mari kita menjadi manusia cerdas yang berpikir keras untuk keselamatan dan kebahagiaan kita di dunia dan akhirat. Bukan masalah tampilan fisik yang sangat penting, melainkan isi hari dan amal perbuatan kita yang sangat perlu diperhatikan. Setuju? Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Bagian Mana yang Paling Kita Perhatikan?
Selesaikan Urusan Sendiri, Baru Masalah Orang Lain
Pelajaran Berharga dari Penjahit tentang Kehidupan
Pelajaran dari Penjual Sate tentang Kebahagiaan
Wisata Kuburan dan Kuburan Wisata di Selandia Baru
Masa pun Berputar, Keadaan pun Berganti
Selamat Tinggal Keluhan, Selamat Datang Bahagia

ke atas