EKONOMI

Selasa, 12 Juni 2018 | 19:01 WIB

Bila ASN Belanjakan THR Bisa Topang PDB

Indra Hendriana
Bila ASN Belanjakan THR Bisa Topang PDB
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) Berpotensi punya pengaruh terhadap ekonomi dalam negeri. Hal tersebut akan terjadi bila semua PNS membelanjakan uang THR.

THR punya dampak tentunya karena ada 4,3 juta PNS dan 25 ribu pensiunan. Kalau semua belanja maka konsumsi bisa tumbuh signifikan, kata penliti dari INDEF, Bhima Arya kepada INILAHCOM, Selasa (12/6/2018).

Namun, kata dia, dampaknya tidak lama atau hahya berjangka pendek, dan akan berpengaruh di kuartal II. Sebab, THR hanga diberikan pada hari raya saja. THR sifatnya musiman, kalau lebaran selesai, ya kembali normal konsumsinya, ujar dia.

Pemberian THR ini sebelumnya sempat menjadi polemik antara pemerintah pusat dan daerah. Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati mengtakan bahwa THR sudah dianggarkan dalam APBN.


Namun, kepala daerah seperti Wali Kota Surabaya, Tri Risma Maharini sebelumnya mengatakan tidak ada anggaran pemberian THR untuk ASN. Sejauh ini Pemerintah kota tidak mengalokasikan dana THR di daerahnya.

Alokasi uang untuk pemberian THR cukup fantastis. Yakni senilai Rp35,8 trilun. Atau meningkat 68,92% bila dibandingkan dengan THR tahun lalu yang hanya senilai Rp23 triliun.

Lonjakan ini karena ada penambahan komponen THR pensiun sebesar Rp6,9 triliun dan tunjangan kinerja sebesar Rp5,8 triliun. [hid]


Se
#THR2018 #Lebaran2018 #Mudik2018 #Gajike13
BERITA TERKAIT
(Arus Balik 2018) Bandara Berbenah, Jumlah Pemudik Udara Naik 11%
(Lebaran 2018) Jaga Stok LPG, Pertamina Siagakan 31 Pangkalan
Gerak Cepat PLN Minahasa Beresi Gangguan Listrik
Industri Manufaktur Tancap Gas Setelah Tidur
(Lebaran 2018) Bandara Soetta Layani 388 Penerbangan Tambahan
BI: Sejuta Uang Beredar, Upalnya 3 Lembar
Lebaran 2018, Musim Panen Raya Hotel di Bandung

ke atas