NASIONAL

Rabu, 13 Juni 2018 | 11:13 WIB

Majunya Amien Rais Bisa Dinilai Hanya Wacana

Fadly Zikri
Majunya Amien Rais Bisa Dinilai Hanya Wacana
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tiba-tiba muncul menjadi alternatif Calon Presiden atau Wakil Presiden pada Pemilu 2019 mendatang. Munculnya Amien, efek dari Pemilu Malaysia yang dimenangkan oleh tokoh politik sepuh Mahattir Muhammad.

Melihat wacana majunya Amien, politikus senior PAN Didik J. Rachbini menilai Amien bisa saja bernasib sama dengan Mahattir, namun wacana majunya Amien sebagai capres atau cawapres, juga bisa hanya sebatas wacana belaka, semua bergantung situasi politik dan respon dari masyarakat.

"Kalau pendiri Partai sudah turun, artinya udah luar biasa Mas. Kayak di Malaysia itu. itu pandangan analis luar terhadap perkembangan baru yang terjadi di internal PAN. Meskipun MAR (Muhammad Amien Rais) tidak berniat maju, tetapi politik adalah seni segala kemungkinan dengan titik akhir yang juga banyak kemungkinannya. Tetapi seluruh tindakan politik dan hasil akhirnya sangat tergantung response publik dan masyarakat," kata Didik kepada INILAHCOM, Rabu (12/6/2018).


"Jika response publik bagus, maka langkah-langkah politik akan terus maju sampai pada titik kemungkinan tertinggi. Inilah tentu yang diharapkan oleh aprtai politik, yang tujuannya adalah to maximize votes (suara pemilih sebanyak mungkin)," tambahnya.

Menurut Didik, kehadiran Amien Rasi dan tokoh PAN lainnya sebagai bakal Capres atau Cawapres merupakan hal yang wajar dan normal dalam dunia politik.

"Ya ini permainan seperti saham yang dirasakan tidak bergerak dinamis, lalu ada aksi korporasi (corporate action) untuk mendinamisasikan partai secara internal ke dalam dan menjawab pertanyaan publik ke luar, PAN bagaimana dan seperti apa langkah gerak politiknya," tandasnya. [rok]
#AmienRais
BERITA TERKAIT
Gempa Masih Guncang Lombok Hingga Dini Hari
Gerindra: Khittah NU Tak Terlibat Politik Praktis
Relawan Sarung Jokowi Gaet Pemilih Pemula
Khofifah Janji Perhatikan Petani Garam
Gempa 5.0 SR Guncang Seram Timur Maluku
Usai Gempa 7.0 SR, Lombok Kembali Diguncang Gempa
Warga Jombang Digegerkan Mayat dengan 3 Luka Tusuk

ke atas