EKONOMI

Rabu, 13 Juni 2018 | 16:38 WIB

Berburu Rezeki Ibu Kota Menjelang Lebaran

M Fadil Djailani
Berburu Rezeki Ibu Kota Menjelang Lebaran
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Listiana, salah satu penyedia jasa penukaran uang, menjamin keasilian uangnya. Karena, uangn dia berasal dari penukaran uang di Lapangan Irti Monas, beberapa waktu lalu.

"Uangnya dari kita tukar di Monas, yah kita tukerin lagi, yah musiman Pak," kata Listi kepada INILAHCOM di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/6/2018).

Dalam sehari, kata pria kelahiran Tasikmalaya Ini, transaksi yang berhasil dibukukan berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per hari.

Bisa dibayangkan keuntungan 10% dari tiap transaksi, Yakni sebesar Rp500 ribu hingga Rp1 juta per hari. Ternyata, keuntungan sebesar itu bukanlah sepenuhnya hak Listi, lantaran masih ada bos besarnya.

"Ada bos, jadi dia kasih kita untuk jajakan ini, sehari bisa Rp5 juta sampai Rp10 juta, biasanya orang-mau mudik banyak yang nuker, mau pulang kampung," ujarnya.

Hal senada dikatakan, Rofik warga Situ Gintung, mengatakan jika dirinya mendapat komisi 10-15% dari uang yang ditukarkan. Lumayan.. Dapat komisi 10-15% dari penukaran uang receh ini, tuturnya.

Seperti diketahui, saat hari Raya, ada tradisi memberikan uang kepada anak-anak kecil yang datang bertamu. Uang baru pecahan kecil digunakan karena dianggap lebih menarik. [ipe]

#JasaTukarUang #BankIndonesia
BERITA TERKAIT
Gegara BI, Sri Mulyani Minta Revisi Kurs Rupiah
Perkirakan Kurs Rupiah 2019 dari BI Berubah Lagi
RI-Jepang Teken Amandemen Swap Arrangement
BI: Triwulan III, Tren Kegiatan Usaha Menurun
(Pertemuan IMF-World Bank) BI Klaim Sukses Jaga Inflasi 2018 di Level 3,4%
Rupiah Rp15.200/US$, BI Masih Yakin "Rapopo"
(Pertemuan IMF-World Bank) Oleh-oleh dari Bali Investasi US$13,6 Miliar

ke atas